Samsung Galaxy S9 Berikan Hadirkan Dua Bukaan Lensa Berbeda, Ini Alasannya!

0
1124
Samsung Galaxy S9
[email protected]

Kamera Samsung Galaxy S9 Dibekali 2 Bukaan Lensa Berbeda Yaitu Apeture F/1.5 dan F/2.4, Mengapa?

Eratekno.com – Melalui ajang Mobile World Congress (MWC) 2018, Samsung resmi meluncurkan duo smartphone flagship terbarunya Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus. Dua produk papan atas ini sendiri dibekali dengan beraneka fitur unggulan dan salah satunya kamera.

Pada kamera keduanya dihadirkan dengan variabel aperture (diafragma) yang dapat mengatur lebar ukuran bukaan lensa anatara f/1.5 dan f/2.4. Lalu apa alasan Samsung menerapkan kemampuan yang baru pertama kali hadir di kamera smartphone ini?

Baca juga : Yuk Coba ‘AR Emoji’ Milik Samsung Galaxy S9, Fitur yang Bisa Kloning Wajah Pengguna

Disebutkan jika Samsung sendiri menerapakan kemampuan tersebut karena berkaitan dengan kebutuhan pemotretan pengguna dalam kondisi cahaya yang berbeda. Mengenai hal ini juga diungkapkan oleh Product Marketing Senior Manager Samsung Mobile Indonesia, Selvia Gofar.

‘Jadi, dengan dual aperture ini pengguna dapat mengambil gambar dengan optimal dalam kondisi lighting apapun baik saat low-light maupun high-light‘ ujar Selvia saat ditemui dalam acara interview di Jakarta pada Senin, 26 Februari 2018.

Samsung Galaxy S9
[email protected]

Selvia menjelaskan ketika keadaan low-light, kamera Samsung Galaxy S9 akan memilih aperture f/f.5 supaya cahaya yang masuk lebih banyak. Kemudian sebaliknya, ketika berada dalam kondisi cahaya terag (high-light), kemera perangkat akan menggunakan aperture f/2.4 yang lebih kecil guna memaksimalka detail gambar yang ditangkap.

Cukup diketahui jika aperture sendir mengacu pada bukaan lensa (entrance pupil) tempat cahaya masuk. Bisa disebut jika aperture dipengaruhi sebelum cahaya mengenai sensor pengambilan gambar di kamera. Maka bisa dikatakan semakin besar bukaannya atau f/1.5 dalam hal ini mewakili bukaan lebih lebar dari f/2.4, cahaya yang masuk akan semakin banyak.

Baca juga : Bikin Nyali Menciut, Ini Dia Harga Samsung Galaxy S9 di Negara Norwegia

Dengan demikian, semakin lebar bukaan, akan semakin cepat pula kecepatan rana (shutter speed). Dengan begitu akan meminimalisir gambar buram karena gerakan, misalnya saja ketika memotret dalam kondisi minim cahaya. Namun ada efek lain juga yakni semakin lebar bukaan lensa, maka semakin tipis pula ruang tajam (depth of filed). Dengan begitu maka ojek di latar depan atau belakang subyek utama menjadi terlihat buram karena jatuh di luar area fokus.

Disebutkan oleh pengamat gadget, Lucky Sebastian jika hal inilah yang menyebabkan mengapa Samsung Galaxy S9 menyediakan dua opsi aperture f/2.4 dan f/1.5. Dengan aperture yang lebih kecil (f/2.4) juga berfungsi membatasi cahaya yang masuk. Dengan begitu gambar tidak menjadi over-exposed atau terlalu terang dalam kondisi cahaya berlimpah, misalnya ketika memotret di pantai di siang bolong. Dalam kasus ini bisa saja kecepatan rana tak mampu mengimbangi cahaya yang masuk sehingga aperture perlu diperkecil.

Baca juga : Setelah Kantongi Paten, Samsung Gunakan Pemindai Sidik Jari di Layar Galaxy Note 9?