Sederet HP Android Populer Ini Ternyata Tidak Aman, Cek Punyamu Sekarang !

0
286
Copyright©Jalantikus

Milliaran HP Android Populer Ini Ternyata Rawan Diretas, Punyamu Termasuk?

Eratekno.comKabar kurang mengenakkan kembali datang untuk para pengguna HP Android di seluruh dunia karena lebih dari satu milliar ponsel dan tablet Android rentan diretas. Dilansir dari Metro.co.uk Minggu (08/03/2020), penilitian terbaru mengungkapkan bahwa ini disebabkan karen HP Android itu tak lagi didukung oleh pembaruan keamanan.

Penlitian tersebut menemukan bahwa sekitar 40 persen berpotensi mengalami pencurian data serangan dunia maya lainnya. Menurut angka 2019 dari Google, ada lebih dari 2.5milliar HP Android aktif di dunia. Versi lama dari OS selular umumnya berusia lebih dari dua tahun, sering kali menghentikan pembaruan keamanan dari pengembang.

Dengan perusahaan seperti Google, mendorong pengguna untuk update ke versi lebih baru dari OS untuk mengamankan perangkat mereka dari modern ancaman dunia maya.

Baca juga : HP Android dengan Layar Super Canggih Ini Resmi Masuk Indonesia, Harganya?

Google dan Apple – pembuat dua sistem operasi seluler terpopuler di dunia – Android dan iOS, merilis versi baru perangkat lunak mereka setiap tahun, diikuti oleh pembaruan berkala yang lebih kecil selama beberapa tahun setelah memperbaiki masalah lebih lanjut yang ditemukan di dalamnya.

HP Android yang lebih tua diuji dari produsen ternama seperti Motorola, Samsung, Sony hingga LG dan ditemukan punya kerentanan,. Siapapun yang memakai HP Andorid yang dirilis tahun 2012 atau sebelumnya termasuk ponsel populer saat itu seperti Galaxy S3 dan Sony Xperia S tetap harus memperhatikan hal-hal ini.

Copyright©India Times

Ini juga mendorong pengguna yang menjalan OS Android lebih tua dari 7.0 Nougat yang pertama kali dirilis pada 2016 untuk mencoba update perangkat lunak mereka karena OS ini tak lagi didukung Google.

Baca juga : HP Android Kamera 64MP dan RAM 8GB Ini Resmi Rilis, Harganya Cuma Segini, Mau Beli?

Namun jika suatu perangkat tak bisa diperbarui maka kemungkinan besar perlu diganti. Edito komputasi Kate Bevan berpendapat bahwa konsumen harus bisa mengandalkan dukungan yang lebih lama untuk HP Android mereka.

“Sangat mengkhawatirkan bahwa perangkat Android yang mahal memiliki masa simpan yang begitu singkat, sebelum mereka kehilangan dukungan keamanan – meninggalkan jutaan pengguna dalam risiko konsekuensi serius jika mereka menjadi korban peretas,” katanya.

Penelitian mengatakan bahwa secara umum, semakin tua perangkat, semakin besar risiko rentan terhadap peretas. Buat kamu yang masih memakai HP Android dengan OS lawas, sepertinya kamu perlu upgrade ponsel yang baru.

Baca juga : Dapat Potongan Hingga 50%, Harga 3 Smartphone Murah Ini Jadi Tinggal Segini !