Selain Untuk Lockscreen, Begini Cara Tambahkan Fungsi Fingerprint di Smartphone Android!

0
283
Copyright©Pro.Co.Id

Berikut Cara Mudah Menambahkan Fungsi Fingerprint Smartphone Android

Eratekno.com – Di era perkembangan teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini menjadikan sejumlah produsen ponsel berlomba-lomba untuk menghadirkan jajaran Smartphone Android andalannya dengan spesifikasi dan fitur menarik di dalamnya, salah satunya adalah fitur keamanan, mulai dari password, pemindai wajah hingga fingerprint dan lain-lain untuk mengunci layar perangkat.

Baca Juga : Unik! Begini Cara Membuat Tampilan Screenshot Yang Menarik di Smartphone Android!

Namun perlu diketahui bahwa untuk Fingerprint Android ternyata bukan untuk membuka lockscreen saja loh! Karena kalian bisa menambahkan fungsi pada fitur ini menggunakan bantuan aplikasi bernama ‘Fingerprint Swipe’, sehingga bisa digunakan untuk berbagai macam fungsi lainnya. Contohnya untuk mengatur perintah sederhana seperti notifikasi, navigasi bar, mematikan lampu dan melakukan swipe untuk menjalankan aplikasi. Penasaran? Langsung simak nih, berikut cara menggunakannya.

Cara Mudah Menambahkan Fungsi Fingerprint di Smartphone Android

  • Pertama-tama, kalian bisa download dan install aplikasi bernama ‘Fingerprint Swipe’ di masing-masing Smartphone Android kalian melalui Play Store. Setelah instalasi aplikasi berhasil, maka buka dan jalankan aplikasi.
Cara Mudah Menambah Fungsi Fingerprint Selain Membuka Lockscreen
Copyright©lemoot.com
  • Dan saat mengaktifkan aplikasi tersebut, kalian bisa terlebih dahulu memberikan akses ‘Accessbility’ kepada aplikasi agar bisa berjalan dengan maksimal.
  • Kemudian, jika akses sudah diberikan, maka kalian bisa lanjutkan dengan masuk ke menu ‘Fingerprint Swipes’ dan mengatur perintah untuk setiap arah.
  • Seperti contoh dengan mengatur arah kiri untuk menampilkan notifikasi, arah kanan untuk menghilangkan notifikasi, atas untuk mengaktifkan senter dan bawah untuk mematikan senter.
  • Bukan hanya itu, kalian juga bisa menggunakan fitur tersebut untuk fungsi lainnya seperti mengatur tingkat volume, scroll, kontrol media, memanggil aplikasi tertentu dan menjalankan suatu shortcut. Namun perlu diketahui bahwa untuk mengatur perintah screenshot dan scroll layar mungkin hanya bisa dilakukan jika perangkat Android dalam keadaan sudah di root.

Nah, seperti itulah cara menambahkan fungsi Fingerprint di Smartphone Android yang bisa kalian coba terapkan dengan mudah menggunakan bantuan sebuah aplikasi bernama Fingerprint Swipe. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca Juga : Unik! Ini Cara Mudah Jadikan Smartphone Android Sebagai Remote TV!