Seperti Tanpa Bingkai, Smartphone ini Usung Fitur Sembunyikan Kamera di Balik Layar !

0
1009
[email protected]

Nyaris Tanpa Bingkai, Smartphone ini Hadirkan Fitur Slider di Balik Layar !

Eratekno.com – Sejumlah perusahaan smartphone yang terasa terbebani komponen kamera depan, speaker telepon dan juga sensor jarak dalam usaha mereka untuk berinovasi sehingga melebarkan ponsel yang nyaris tanpa bingkai. Bermacam solusi telah ditempuh, demi untuk menyematkan komponen-komponen yang wajib diusung di bagian poni yang sedikit menjorok ke dalam bagian layar (iPhone X, Essential Phone, Oppo F7), untuk memindahkan kamera ke salah satu sisi bingkai layar yang sedikit lebih tebal ketimbang tiga sisi yang lain (Xiaomi Mi Mix).

Baca Juga : 5 Smartphone Keren ini Usung Spesifikasi mumpuni, Harga di Bawah Rp 2 Juta !

Dimana sebuah vendor di China yang bernama Doogee yang memiliki cara tersendiri. Dimana sebuah ponsel besutan mereka yang bertajuk Mix 4 yang mempunyai layar yang nyaris sepenuhnya menutup bagian depan dengan rasio 97 persen ketimbang bodi. Lha kok bisa ?

[email protected]

Rahasianya terletak di dalam mekanisme slider (geser) yang secara khusus diterapkan Doogee pada Mix 4, tampilannya mirip seperti ponsel jaman dulu, seperti Nokia “pisang” 8110. Namun perbedaanya, disini yang digeser pada Mix 4 bukan penutup keypad, melainkan layarnya.

Baca Juga : Tips Ampuh, Jual Smartphone dengan Harga Tinggi ! Selengkapnya

Dimana layar yang memiliki ukuran 6,2 inci tersebut dapat digeser ke atas untuk menyembunyikan komponen kamera depan jika sedang tak digunakan, sehingga memiliki penampilan yang nyaris tanpa bingkai tadi. Layar tersebut jika digambarkan Mix 4 yang luasnya, untuk iPhone X saja yang hanya mempunyai rasio layar terhadap bodi sebesar 83 persen, sedangkan untuk Essential Phone 85 persen.

Tetapi sayangnya, layar geser besutan Mix 4 tersebut juga ikut menutup komponen speaker phone dan juga sensor jarak sehingga ponsel tersebut tidak dapat digunakan untuk menelepon jika keadaan kamera tertutup. Ketika ingin melakukan panggilan atau ingin menggunakan swafoto, pengguna diharuskan untuk menggeser layar sehingga kembali muncul semua kompnen-komponen yang tersembunyi itu.

Disi ada kekuarangannya yang terletak pada dimensi fisik ponsel yang menjadi lebih tebal sebab adanya mekanisme slider layar. Mix 4 yang mempunyai ketebalan 11 mm, yang lebih gemuk ketimbang ponsel dengan model lain yang umumnya hanya memiliki tebal dikisaran 7mm sampai 8mm saja.

Baca Juga : Berencana Rilis Smartphone Pixel Harga Murah, Google Bakal Menyasar Pasar India?