Sering Disalahgunakan, Tombol Dislike Youtube Akan Dihilangkan?

0
129
Copyright ©Jawa Pos

Pengguna Tidak Akan Jumpai Tombol Dislike di Youtube

Eratekno.com – Seperti yang diketahui bersama, bahwa Youtube merupakan sebuah layanan streaming video paling populer dan digemari banyak orang, lantaran selalu menyediakan berbagai macam konten menarik sesuai yang dibutuhkan oleh pengguna, mulai dari konten video berisi informasi, pembelajaran hingga hiburan telah disediakan. Dalam platform media streaming ini sendiri juga menghadirkan sejumlah fitur yang memungkinkan pengguna bisa memberikan tanggapan terhadap video yang ditampilkan, seperti tombol like, komentar dan dislike.

Baca Juga : Youtube Akan Merombak Cara Nonton Video Menjadi Swipe Horisontal

Fitur yang disediakan ini sendiri seharusnya digunakan dengan bijak agar para pembuat konten bisa berbenah diri untuk menampilkan konten yang diinginkan para penonton. Namun, belakangan ini sepertinya fitur tersebut sering di salah gunakan pengguna, dan salah satu yang terkena dampaknya adalah Youtube Rewind. Dimana video yang diunggah oleh Youtube ini telah mengalami dislike Mobs karena banyak yang menilai jika Youtube Rewind 2018 ini merupakan video yang gagal.

Hal ini juga dibuktikan dari banyaknya jumlah dislike yang didapatkan bisa mencapai 15 juta dislike. Hal ini sendiri dikarenakan oleh para penonton yang terpicu oleh pengguna lain untuk memberikan dislike meskipun belum menikmati video sepenuhnya, dan yang melatar belakangi ini sendiri juga berasal dari komentar yang buruk serta tombol dislike yang sudah banyak diberikan.

Copyright ©Engadget

Terkait hal ini, sebagaimana yang dilansir The Verge bahwa Direktur Product Management Youtube, Tom Leung telah mengungkapkan dalam sebuah video di kanal Creator Insider bahwa Youtube sedang merencanakan sebuah eksperimen yang bisa memecahkan ‘bom dislike’. Dimana diskusi yang direncanakan ini membahas tentang kemungkinan hilangnya jumlah rating secara default, hanya menghapus jumlah dislike atau bahkan bisa sampai menghilangkan tombol dislike dari platform.

“Pilihan lain adalah ketika seseorang menekan tombol dislike, maka diperlukan sebuah alasan berupa checkbox mengapa pengguna tidak menyukai video ini. Dengan ini bisa memberi para kreator informasi mengapa videonya tidak disukai,” jelas Leung.

Dengan munculnya video Leung tersebut membuat para warganet memberikan tanggapan, salah satu diantaranya adalah pengguna NPT Music yang mana ia menyarankan agar seseorang yang tidak menyukai video harus melihat sebagian video sebelum akhirnya opsi dislike tersedia. Meskipun cara penghilangan dislike ini sendiri dikatakan ekstrem, tetapi dampaknya akan lebih baik bagi kreator Youtube yang kerap menerima ribuan dislike.

Baca Juga : Youtube Uji Coba Fitur ‘Tag’ Untuk Menampilkan Video Yang Direkomendasikan