Smartphone Android Bisa Diretas Hanya Dengan Sekali SMS!

0
281
Smartphone Android
Android, gambar: PhoneArena
Smartphone Android
Android, gambar: PhoneArena

ERATEKNO.COM. Nampaknya anda sebagai pengguna Smartphone android harus mulai hati-hati dengan keamanannya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Joshua J. Drake dari Zimperium zLabs berhasil menemukan celah atau bug pada perangkat berbasis Android.

Seperti dilansir oleh Tekno.Liputan6.com yang dikutip dari laman Forbes, Sabtu (8/8/2015), 95 persen perangkat android mampu diretas dengan hanya sekali SMS saja, virus walware dapat menyebar dan meretas peragkat android secara keseluruhan.

Bug yang diberi nama “Stagefright” ditemukan pada media libraries yakni perangkat android yang memiliki fungsi membaca file umum seperti membuka file PDF. Bahkan tidak hanya itu, firus walware yang disusupkan oleh hacker tidak membutuhkan interaksi dengan pengguna Smartphone sehingga lebih berbahaya.

Padahal seperti kita tahu, virus walware pada umumnya membutuhkan interaksi dengan pengguna terlebih dahulu seperti mengirim SMS dengan mencantupan link ke virusnya dan jika pengguna mengklik link tersebut , virus malware mulai menyebar ke bagian sistem.

Menanggapi hal itu, Google akan melakukan update pada sistem operasi Android, Hal ini seperti diungkapkan oleh Adrian Ludwig yang merupakan kepala Insunyur Android. Unpdate tersebut dilakukan untuk menambal bug.

Bahkan update tersebut sudah diuji coba pada perangkat Nexus dengn hasil yang cukup memuaskan. Menurutnya, bulan Agustus 2015 ini smartphone populer Samsung Galaxy S6, S6 Edge, Galaxy S5, Galaxy Note 4, HTC One M7, M8, M9, LG G2, G3, G4, Sony Xperia Z2, Z3, Z4, Z3 Compact, serta seluruh smartphone Android One akan mendapatkan update Android terbaru ini.