Smartphone Android-mu Nggak Bisa Dicharge? Begini Lho Tips Yang Bisa Kamu Lakukan !

0
751
Copyright©Viva

Wajib Baca ! Ini Dia Tips Atasi Smartphone Android Yang Tidak Bisa Dicharge!

Eratekno.comSmartphone kini menjadi salah satu barang yang tak bisa dipisahkan dari manusia modern. Setiap hari, sebagian orang menggunakan smartphone untuk berbagai kegiatan.

Berbicara mengenai smartphone,apakah kamu pernah mengalami smartphone Android milikmu tidak bisa di cas? Tentu hal itu sangat menyebalkan bukan?

Jika pernah mengalami hal tersebut jangan buru-buru di bawa ketempat service, sebaiknya coba perbaiki dulu sendiri. Nah berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba sebelum mengeluarkan uang buat service smartphone yang tidak bisa di cas, simak yuk.

Baca juga : Tanpa Aplikasi Tambahan, Begini Lho Cara Ubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama pada Smartphone Android !

Copyright©Tribun
  1. Pertama pastikan stop kontak dan port USB tempat kamu mengisi baterai berfungsi normal. Pasalnya terkadang smartphone tidak bisa di isi ulang karena memang dua hal itu sudah rusak dari awalnya.
  2. Cek adapter dan kabel charging. Jika tidak berfungsi di smartphonemu, pakai smartphone lain. Pastika juga kabel terpasang dengan baik dan tidak kendur.
  3. Cek keaslian adapter dan kabelmu. Biasanya, charger adapter palsu justru malah tidak mampu mengisi daya smartphone Android.
  4. Bersihkan port charging dari kotoran yang menyumbat dengan meniupnya atau memakai alat, contohnya tusuk gigi. Tapi kamu harus hati-hati, jangan sampe merusak port charging
  5. Restart smartphone milikmu
  6. Periksa perangkat lunak di smartphone dan pastikan terupdate hingga ke versi terbaru. Namun jika updatenya malah bikin smartphone tidak bisa di charge, hapus versi baru tersebut.
  7. Cek baterai smartphone. Kadang baterai yang umurnya sudah tua punya daya yang lemah dan tidak bisa lagi menerima pengisian daya. Coba download aplikasi Ampere atau AccuBattery untuk melihat status kesehatan bateraimu.
  8. Tips yang terakhir, ingat-ingat apakah pernah terjadi sesuatu dengan smartphone Android-mu sebelum tidak bisa di charge, terkena air atau jatuh? Meski ada smartphone yang diklaim tahan air, tetap saja ada peluang air bisa merusak mesin dalam.
Copyright©Liputan6

Baca juga : Jarang Diketahui, Ini Cara Mengatasi Smartphone Android Overheat !

Akan tetapi jika cara-cara di atas belum berhasil, mau tidak mau kamu harus membawanya ke teknisi untuk di perbaiki sebelum terlambat. Dan pastikan juga kamu membawanya ke toko service resmi ya.

Semoga bermanfaat ya.

Baca juga : Anti Lemot, Berikut Ini Cara Mudah Bikin Kinerja Smartphone Android Makin Ngacir Meski Sudah Lama Dipakai!