Smartphone ZTE dan Huawei Bakal Dilarang di Amerika Serikat, Kenapa?

0
778
Huawei
Copyright©logoefect

Alasan Huawei dan ZTE Dilarang di Amerika Serikat!

Eratekno.com – Anggota parlemen di Amerika Serikat bakal di larang menggunakan smartphone ZTE dan Huawei. Hal itulah yang di tawarkan senator Texas Mike Conaway melalui sebuah Rancangan Undang-Undang (RUU) pekan lalu.

Rancangan Undang-Undang U.S. Government Communication Act itu bertujuan untuk melarang badan-badan pemerintah Amerika Serikat memakai smartphone dan peralatan keluaran dari ZTE dan Huawei.

Peraturan tersebut di dasarkan pada kekhawatiran terkait resiko keamanan yang di timbulkan dari perangkat ZTE dan Huawei. Sebenarnya, kekhawatiran ini bahkan sudah lama muncul di kalangan pemerintah Amerika Serikat.

Baca juga: Smartphone dengan Kamera Standar DSLR Siap Dibesut Huawei

Rancangan Undang-Undang akan melarang pemerintah Amerika Serikat untuk membeli dan menggunakan peralatan atau layanan telekomunikasi dari Huawei dan ZTE. Dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa teknologi yang berasal dari China merupakan ancaman bagi keamanan Negara.

Lebih lanjut, Conaway menyebutkan penggunaan peralatan mereka akan mengundang pengawasan Chna ke semua aspek kehidupan pemerintah. Pejabat Intelijen setempat juga mengatakan bahwa Huawei telah berbagi informasi dengan para pemimpin Negara. Pertumbuhan bisnisnya di Amerika Serikat bahkan di anggap mewakili resiko lebih lanjut.

Tentu saja ini kendala bagi Huawei sendiri. Seperti di ketahui Huawei belum lama ini mencoba memasarkan smartphone-nya bersama AT &T. akan tetapi hal tersebut tidak mendapatkan ijin dari Federal Communications Commision (FCC) hingga kesepakatan di antara keduanya batal.

Baca juga: Perbandingan Kamera Huawei Mate 10 Pro dan iPhone 8 Plus, Lebih Bagus Mana?

Copyright©Pocketnow

Sementara itu, Negera Paman Sam sendiri memang di kenal ketat dalam menjaga keamanan nasional. Seperti belum lama ini, pemerintah Amerika Serikat juga melarang penggunaan antivirus Kaspersky karena di duga mengancam.

Ternyata bukan hanya Amerika Serikat, Australia juga menerapkan larangan untuk broadband dari Huawei pada tahun 2013 lalu. Di lansir dari The Verge pada Senin (15/1/2018), Huawei sendiri membantah apa yang di tuduhkan kepada pihaknya, meski pembutikannya terbilang gagal.

Sebagai informasi Huawei baru-baru ini di ketahui mengalahkan Samsung terkait paten teknologi nirkabel. Pada 2016, Huawei menggugat Samsung karena diduga melanggar beberapa hak patennya. Tuntutan hukum diajukan di California dan China, dan di China terbukti berhasil bagi perusahaan tersebut.

        Baca juga Huawei Patenkan Bezel Sensitif Tekanan untuk Jam Tangan Pintar