Snapdragon X24, Chip Modem LTE Berkecepatan 2 Gbps yang Bakal Segera Dikenalkan Qualcomm

0
1246
Snapdragon X24
copyright©kompastekno

Qualcomm Kenalkan Chip Modem LTE Snapdragon X24 Berkecepatan 2 Gbps Untuk Smartphone 5G

Eratekno.com – Teknologi 4G LTE namapaknya masih akan banyak digunakan selama beberapa waktu kedepan meskipun jaringan peluncuran 5G segera dilakukan. Bukan itu saja, pengembangnya pun terus dilakukan dan salah satunya dilakukan oleh Qualcomm.

Perusahaan pembuat chipset tersebut sepertinya terus berupaya membuat perangkat pendukung jaringan 5G yang bakal meluncur. Seperti yang dilakukannya pekan ini yakni Qualcomm memperkenalakan chip Modem LTE baru buatannya yang dinamai dengan Snapdragon X24.

Baca juga :  Qualcomm Perkenalkan Modem Anyar Untuk Gadget Masa Depan, Apa Saja Keunggulannya?

Disebutkan jika Snapdragon X24 sendiri merupakan modem LTE category 20 pertama di dunia. Selain itu chipset ini sekaligus menjadi chip pertama yang dibuat oleh Qualcomm dengan proses fibrakasi 7nm FinFET. Perangkat ini diklaim mampu menghasilkan kecepatan transfer data downlink cukup besar.

Daya downlink yang dihasilkannya mencapai 2 Gigabit per detik (Gbps) melalui 7x carrier agregation dan 4×4 MIMO. Chip ini juga bisa memanfaatkan teknologi License Assisted Access yang memungkinkan transmisi data melalui LTE lewat frekuensi WiFi.

Snapdragon X24
copyright©kompastekno

Kecepatan teoritis Snapdragon X24 ini jauh lebih tinggi dibandingkan chip LTE sebelumnya. Cukup dikathui jika chip LTE sebelumnya yakni Snapdragon X16 yang memiliki kecepatan maksimal hanya 1,2 Gbps. Perangkat ini pun saat ini masih digunakan oleh smartphone masa kini.

Sedangkan kecepatan real-world Snapdragon X24 sepertinya akan lebih tinggi dari chip sebelumnya. Kecepatan kemungkinan akan berkisar di angka 200 hinga 600 Mbps. Dengan angka tersebut tercatat jika kecepatannya sudah dua kali kecepatan LTE rata-rata saat ini yang diketahui hanya berkisar 100 sampai 200 Mbps.

Baca juga :  Qualcomm Menolak Dihargai Rp 1.649 Triliun Oleh Broadcom !

Namun chip modem terbaru Qualcomm ini kemungkinan baru akan digunakan untuk smartphone mulai tahun 2019 mendatang. Chipset ini akan hadir dalam bentuk standlone atau terintegrasi dengan system-on-chip (SoC) kelas atas generasi berikutnya. Lantas, kapan Snapdragon X24 akan diperlihatkan secara umum?

Menurut kabar yang ada rencananya Qualcomm akan merekomendasikan chipset modem ini pada jang bergengsi Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona, Spanyol akhir Februari mendatang. Tak sendirian, perusahaan sepertinya juga akan memeplihatakan kinerja Sapdragon X24 ini secara langsung untuk tiga mitranya yani Ericross, Netgear dan Telstra. Pada saat yang bersamaan pula dikabarkan jika Qualcomm akan mendemontrasikan Snapdragon X50 yang bakal menawarkan kecapatan luar biasa yakni 5 Gbps.

Baca juga : Jadi Chipset Terkuat Besutan Qualcomm, Snapdragon 845 Berhasil Kalahkan iPhone 8