Soal Batasan Waktu Main Game PUBG Mobile, Kominfo Lakukan Kajian Dahulu!

0
372
Copyright©IndianExpress

Akankah Kominfo Bakal Terapkan Batasan Waktu Main PUBG Mobile di indonesia?

Eratekno.com – Seperti yang kita ketahui, jika pemerintah di India telah menerapkan soal batasan waktu untuk memainkan game PUBG Mobile, dan rupanya hal ini membuat Kominfo Indonesia tertarik untuk melakukan kajian soal peraturan tersebut.

Adapun di India, pemerintah telah memberikan batasan waktu maksimal main game PUBG Mobile yakni selama 6 jam dalam satu hari. Menurut Samuel Pangerapan, selaku Dirjen Aptikan Kementrian Kominfo, mengatakan jika pembatasan ini harus dilakukan secara serentak untuk semua game, tidak hanya PUBG Mobile saja nantinya.

Baca juga: Layak Diapresiasi, Capaian Kesuksesan PUBG Mobile di Tahun Perdananya!

“Sekarang belum ada rencana (membatasi waktu main game PUBG). Tapi menarik juga itu untuk dikaji, Tapi game kan banyak, dan pembatasan itu harus serempak, harus semuanya,” kata Samuel dikutip dari laman KompasTekno.

Copyright©IndianExpress

Samuel juga menambahkan jika Kominfo ini sebenarnya juga sudah memiliki pedoman dan juga batasan umur yang layak untuk memainkan sebuah game. Batasan usia ini sendiri diantaranya mulai dari usia 3 tahun, 7 tahun, 13 tahun, dan 18 tahun.

Baca juga: Hero Baru Mobile Legends Ini Kombinasi Dari 3 Hero, Keren Parah!

Lalu menanggapi soal fatwa haram game PUBG Mobile yang diberikan oleh MUI, Samuel mengatakan jika hari ini, Selasa (26/3/19) pihak Kominfo bakal melakukan dikusi dengan MUI mengenai hal tersebut.

“Nanti saya akan bahas dengan MUI. Sudah komunikasi, soalnya ini kan berkaitan dengan fatwa MUI Jabar. Saya diminta untuk memberikan pendapat,” tambah Samuel.

Seperti yang santer diberitakan, jika kini MUI (Majelis Ulama Indonesia) memang sedang mempertimbangkan fatwa haram main game PUBG Mobile karena dinilai bisa memicu tindakan kekerasan pada sejumlah pemainnya.

Tentu hal ini dikaitkan dengan adanya tragedi penembakan sadis yang terjadi di Selandia Baru beberapa waktu lalu. Akan tetapi, fatwa haram PUBG Mobile ini rupanya menimbulkan pro-kontra dikalangan masayarakat khususnya para gamer, sehingga perlu dicarikan solusi yang terbaik.

Baca juga: Hindari Blokir, PUBG Mobile Hadirkan Fitur Baru Untuk Batasi Waktu Bermain!