Ssstt… Ternyata Smartphone Ini yang Paling Banyak Diselundupkan ke Indonesia !

0
303
[email protected]

Inilah Smartphone yang Paling Banyak Diselundupkan ke Indonesia !

Eratekno.com – Pihak Asosiasi Pengusaha Ponsel Indonesia yang menyatakan merek telepon seluler (ponsel) ilegal paling banyak beredar di Indonesia yakni Xiaomi dan iPhone. Hal tersebut berdasarkan dua merek tersebut yang mendominas 20.545 ponsel ilegal hasil tangkapan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan selama enam bulan terakhir.

Dimana hasil ponsel selundupan tersebut yang diimpor dengan jumlah besar atau oleh penumpang yang membawanya dari luar negeri yang berjumlah puluhan ribu. Ada juga dari hasil barang kiriman.

Baca Juga : Benar Adanya, Xiaomi Mi Mix 2S Usung Chipset Snapdragon 845 dan Layar 18:9 !

Memang handphone ilegal yang ada di sini paling banyak iPhone dan Xiaomi, dua itu paling banyak,” kata Ketua Asosiasi Pengusaha Ponsel Indonesia Hasan Aula ketika ditemui di tengah-tengah pemusnahan barang ilegal di kantor pusat DJBC, Jakarta Timur, Kamis (15/2/2018).

Menurut Hasan, yang paling banyak yakni Xiaomi dan iPhone ilegal yang beredar di Indonesia, dimana ponsel tersebut masuk tanpa melalui jalur resmi dan tidak membayar pajak. Produk ponsel yang disbeut resmi jika sudah memenuhi ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, yakni dengan memenuhi tingkat kandungan dalam negeri (TKDN).

Baca Juga : Meizu M6s, Bakal Saingi Vivo dan Xiaomi di Banderol Rp 2 Jutaan !

Dimana Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang sangat menyayangkan adanya penyelundupan ponsel dan bisnis gadget dengan jalur yang tidak resmi. Padahal, pemerintah telah memberikan syarat yang mudah untuk regulasi bagi pengusaha untuk memperdagangkan ponsel dan gadget yang berasal dari luar negeri.

Kurang apalagi pemerintah memberikan kemudahan-kemudahan. Sertifikasi yang tadinya sampai dua bulan, sekarang dua hari, jadi apa yang kurang, masih juga nyelundup,” tutur Rudiantara. Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menjelaskan, nilai ponsel ilegal tersebut mencapai Rp 59,6 miliar dengan estimasi kerugian negara hingga Rp 10,3 miliar.

Dari hasil pantauan kompas, tipe iPhone hasilselundupan paling banyak yakni iPhone X, iPphone 8 Plus, iPhone 8, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Sementara untuk Xiaomi yanki Redmi Note 5A. dari lima model iPhone yang tercyduk tersebut telah beredar secara resmi di Indonesia, sejak Apple yang mematuhi syarat TDKN ponsel 4G.

Baca Juga : Xiaomi Luncurkan Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro di India, Harganya?