Statistik ini Jadi Bukti Facebook Mulai Ditinggal Penggunanya, Kamu Juga?

0
1009
Copyright©Suratkabar

Dampak Penyalahgunaan Data, Facebook Mulai Ditinggalkan

Eratekno.com – Berdasarkan survei yang telah melibatkan sekitar 4954 responden, telah mengungkap sebuah fakta yang mengejutkan. Dimana Facebook yang menjadi sosial media paling populer saat ini perlahan mulai ditinggal penggunannya.

Survei yang dilakukan mulai tanggal 29 Mei hingga 11 Juni 2018 tersebut telah mendapatkan hasil, jika sebanyak 26 persen responden telah menghapus aplikasi Facebook dari smartphone miliknya.

Baca juga: Tips Seru Manfaatkan Facebook Sebagai Referensi Liburan kalian!

Sementara itu, sebanyak 54 persen pengguna Facebook direntan usia 18 tahun keatas, telah merubah pengaturan privasi di aplikasi Facebook miliknya selama satu tahun belakang ini. dan dari penelitian yang dilakukan oleh firma riset Pew Research mengungkapkan, jika sekitar 42 persen pengguna telah menganggurkan aplikasi Facebook miliknya selama berminggu-minggu.

Copyright©Pew Reseacrh Center

Dan sebanyak 74 persen pengguna Facebook mengaku jika mereka telah melakukan sala satu dari tiga aksi diatas. Dan terkait merosotnya pengguna Facebook tersebut kemungkinan menjadi dampak negatif dri kasus Cambridge Analytica beberapa waktu lalu, dimana ada 87 juta akun Facebook telah disalahgunakan.

Baca juga: Rahasia, Begini Cara Ganti Foto Profil Facebook Orang Lain Tanpa Ketahuan! 

Dikutip dari laman Kompastekno. Sebenarnya hasil riset ini telah membagi dari kategori usia pengguna. Secara detailnya, 44 persen pengguna Facebook adalah usia 18-29 tahun,  mereka mengaku telah menghapus aplikasi Facebook dari smartphone miliknya sejak tahun lalu.

Sementara itu, sebanyak 12 persen pengguna Facebook berusia 65 tahun keatas juga melakukan hal serupa. Dan hanya sepertiga dari pengguna berusia 65 tahun keatas yang telah mengubah setelah privasi profil Facebook miliknya.

Saat kasus Cambridge Analytica terbongkar, pihak Facebook pun langsung memperbarui setelah privasi didalam platfromnya. Pembaruan ini memungkinkan pengguna Facebook bisa menggunduh data mereka saat bermain sosial media tersebut selama ini, serta memberi tahu informasi pribadi apa yang selama ini disimpan oleh Facebook.

Namun, kebijakan baru yang diberikan oleh Facebook ini, hanya 9 persen saja yang melakukannya. Dan hampir separuh pengguna lebih memilih menghapus aplikasi tersebut dari smartphone miliknya, serta 79 persen lain hanya mengubah setelan privasi saja.

baca juga: Jangan Suka Login Facebook di Aplikasi Sembarangan, Ini Bahaya yang Mengintaimu