Stop Lakukan ! Cara Ini Ternyata Bikin Grup WhatsApp-mu Bisa Diobrak-obrik Hakcer !

201
Copyright©Smeaker

Waduh ! Ratusan Ribu Link Grup WhatsApp Muncul di Google Search 

Eratekno.comJika kamu mengikuti perkembangan mengenai WhatsApp, tentu kamu tahu bahwa aplikasi chatting besutan Facebook itu tengah menjadi sorotan karena keamanannya yang di nilai buruk. Bahkan banyak pihak yang menyerukan untuk menghapus WhatsApp.

Yang terbaru, ada sebuah temuan bahwa link grup WhatsApp yang dibagikan untuk mengundang orang terindez oleh pencarian Google sehingga muncul di hasil pencarian. Seperti di ketahui pengguna memang bisa mengundang orang ke grup dengan cara membagikan link.

Hal itu ditemukan oleh Jordan Wildon yang merupakan Duestshe Well. Diungkap olehnya orang-orang bisa dengan mudah menemukan link percakapan grup bahwa yang bersifat private di Google dan bergabungi di dalamnya.

Baca juga : Curiga Diselingkuhi? Cek Aktivitas Pasanganmu di WhatsApp dengan Cara Ini !

Grup WhatsApp Anda mungkin tidak seaman yang Anda kira” tulis Jordan dalam unggahannya di akun Twitter pribadinya.

Copyright©Twitter

Temuan Jordan ini lalu di perkuat dengan pernyataan pengamat media social bernama Jane Wong. Pengamat media social ini menyebut Google punya 470 ribu hasil pencarian dengan menggunakan keyboard chat.whatsapp.com. yang lebih mengejutkan lagi, Facebook selaku induk perusahaan ternyata mengetahui hal ini sejak lama.

Setidaknya pada bulan November 2019 beberapa pengguna WhatsApp telah melaporkan celah tersebut. Meski merespon temuan tersebut, mereka tidak ada upaya perbaikan. Laman Vice lalu mengonfirmasi masalah ini kepada pihak WhatsApp.

Baca juga : Anti Dikepoin, Begini Cara Hentikan Orang Stalking WhatsApp Kamu !

Copyright©Twitter

“Admin di grup WhatsApp dapat mengundang pengguna lain untuk bergabung ke grup enggan membagikan tautan yang telah mereka buat. Seperti semua konten yang dibagikan di saluran publik yang dapat ditelusuri, link undangan yang di-posting di internet dapat ditemukan oleh pengguna WhatsApp lainnya. Tautan yang ingin dibagi secara pribadi dengan orang yang mereka kenal dan percayai sebaiknya tidak di-posting di situs web yang dapat diakses publik,” jelas juru bicara WhatsApp.

Tak ada penjelasan lagi apakah pengindekan ini akan berhenti. Untuk sekarang memang sebaiknya jangan membagikan link undangan ke forum public. Biar lebih aman link bisa kamu kirimkan melalui jalur pribadi yang aman dan terinkripsi sehingga tak bisa diindeks atau dibaca.

Jadi lebih hati-hati ya guys!

Baca juga : Hapus Saja Jika Dapat Chat WhatsApp Seperti Ini Atau Tabunganmu Akan Raip !