Suka Konvert Video YouTube Jadi MP3 Bisa Bikin Smartphone Rusak, Kok Bisa?

0
246
Copyright©Teras Jabar

Situs Konvert Video YouTube Jadi MP3 Mengandung Ransomware

Eratekno.com YouTube menjadi salah satu media hiburan yang banyak digunakan oleh seseorang, khususnya pengguna smartphone. Kebanyakan dari mereka seringkali merubah video di YouTube menjadi file MP3, hal ini dimaksudkan agar tidak memakan banyak kapasitas memori smartphone nantinya.

Namun jika anda sering kali melakukan hal ini, sebaiknya lebih berhati-hati atau hentikan hal tersebut. pasalnya iklan yang ditampilkan dalam situs yang menyediakan jasa converter YouTube tersebut ternyata ada yang mengandung ransomware didalamnya.

Baca juga: Berkat Fitur AR, Pengguna Bisa Coba Lipstik Virtual di Youtube, Mau Coba Juga?

Seperti dilaporkan oleh laman ZDNet, dimana praktek ini sering kali dinamakan sebagai Malvertising. Dan hal ini seringkali dilakukan para hacker untuk menipu para pengguna layanan digital guna menjangkau banyak audiens, terutama para pengunjung yang datang dari domain asli, YouTube misalnya.

Copyright©Teras Jabar

Kode maupun tautan yang mengandung Ransomware ini biasanya disematkan dalam iklan, setelah itu ditampilkan kepada pengunjung situs konversi tersebut. Nah jika pengunjung membuka iklan tersebut, maka mereka bisa diarahkan ke situs palsu atau malah mendapatkan payload yang berbahaya.

Baca juga: Mantap, Kini Mode Gelap di WhatsApp Sudah Bisa Kalian Coba!

Nah teknik Malvertising ini sekarang makin banyak ditemui, salah satunya terdapat pada situs konverter video YouTube ke MP3 yang sekarang banyak beredar. Seorang peneliti dari Malwarebytes bernama Jerome Segura mengatakan, jika malware tersebut tersebar melalui server yang digunakan untuk menyebarkan iklan, termasuk pada situs Onlinevideoconverter.com

Nah jika anda menggunakan pencarian di mesin Google dengan Keyword YouTube MP3, maka situs tersebut bakal berada dibagian paling atas. Wajar saja, situs untuk convert Video YouTube jadi MP3 ini memang memiliki jumlah pengguna sampai 200 juta perbulannya.

Malware ini dibawa oleh objek Flash dan dijalankan melalui PowerShell. Jika berhasil dijalankan, maka exploit Kit tersebut bakal mengeluarkan Ransomware Seon, dimana ransomware jenis ini bakal mengenkripsi semua file yang ada didalam perangkat, dan akan meminta tebusan kepada pengguna jika ingin file mereka kembali lagi.

Jadi untuk para pengguna smartphone khususnya yang hobi melakukan convert Video YouTube jadi MP3, maka sebaiknya lebih berhati-hati. Atau lebih amannya, anda bisa menggunakan aplikasi video converter offline saja nanti.

Baca juga: Mau Dapat Duit Dari YouTube? Simak Beberapa Tips Berikut Ini !