Tak Disangka, Fakta Tentang Google Maps Ini Bikin Ngeri !

187
Google Maps
Copyright©Indiatimes

Kelemahan Google Maps Yang Jarang Diketahui 

Eratekno.comSiapa sih yang nggak tahu Google Maps. Hampir semua pengguna HP Android mengetahui karena layanan peta Digital ini menawarkan banyak keunggulan yang sangat berguna bagi pengguna yang tengah kebingungan mencari arah tempat yang ingin dituju.

Namun dibalik itu semua ternyata Google Maps memiliki kekurangan yang cukup bikin kaget. Kelemahan i8ni diungkap oleh pria asal Jerman bernama Simon Weckert. Ia mengonfirmasi bahwa kepadatan lalu lintas yang ditunjukkan Google tak sepenuhnya benar.

Informasi kondisi lalu lintas yang ditampilkan Google berdasarkan banyaknya pemakai smartphone dalam satu wilayah tertentu. Eksperimen yang dilakukan itu menunjukkan seseorang dengan mudah menavigasi kendaraan agar taik melewati ruas jalan tertentu melalui kemacetan virtual.

Baca juga : Diinstall Ratusan Juta, 24 Aplikasi Android Ternyata Berbahaya, Kamu Punya?

Google Maps ini ternyata juga mudah dikelabuhi. Dilansir dari www.simonweckert.com mengatakan bahwa pria itu telah melakukan sebuah eksperimen. Kemacetan lalu lintas virtual di Google Map berhasil dilakukan dengan menggunakan 99 ponsel pintar bekas yang diangkut dalam gerobak tangan.Aktivitas tersebut akan mempengaruhi dan mengubah indikator warna jalan dari hijau menjadi merah.

Para pengguna jalan yang menggunakan navigasi akan mengarahkan mobil ke rute lain untuk menghindari kemacetan dengan dampak dari eksperimen tersebut.

Copyright©drponsel.id

Eksperimen itu juga memberikan informasi melalui Google Maps berdasarlam jumlah pengguna smartphone yang ada di suatu wilayah dalam tempo tertentu.

Baca juga : Waduh, 3 Aplikasi Google ini Ternyata Berbahaya untuk Hp Android Kalian!

Peretasan Google Maps ini bisa dilakukan dengan mudah karena aplikasi ini punya kekurangan pada keamanan yang bisa dieksploitasi. Kelemahan Google Maps tersebut terletak pada kekuatannya yang sangat bergantung pada data crowdsourcing yang artinya pengumpulan data dilakukan melalui beragam data yang diambil oleh sekelompok besar orang.

Hasil eksperimen itu menunjukkan ponsel-ponsel tersebut mengelabuhi Google Maps sehingga pengguna akan dialihkan ke rute lain meski sebenarnya jalanan kosong.

Menurut Google, penggunaan Google Maps sudah dapat membedakan antara pemakai motor dan mobil di berbagai negara. Akan tetapi, bagi pengguna gerobak kelemahan Google Maps belum dapat dideteksi. Lebih membahayakan lagi, aksi semacam itu dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk orang awam.

Baca juga : Bahaya Mengintai ! Berhati-hatilah Jika Dapat Pesan Seperti Ini di HP Android-mu!