Tak ingin seperti Facebook, Instagram Batasi Data Pengguna bagi Pengembang !

0
350
Instagram
copyright©tirto

Terkait Skandal Facebook, Instagram Batasi Akses Data Pengguna untuk Pengembang !

Eratekno.com – Adapun kasus penyalahgunaan data jutaan pengguna Facebook oleh sebuah konsultan politik Cambridge Analytica, sehingga membuat Instagram lebih berhati-hati lagi. Seperti yang dilansir oleh Recode, Rabu (4/4/2018), Instagram yang telah memangkas akses API miliknya bagi pengembang.

Baca Juga : Menkominfo Ancam Blokir Facebook, Jika Ada Data Pengguna Disalahgunakan !

Hal tersebut yang juga turut membatasi akses data-data pengguna oleh pihak ketiga. Sehingga dengan begitu pihak ketiga tak akan dapat mendapatkan seluruh data pengguna yang dikumpulakn oleh Instagram. Pada Jumat kemarin, Instagram yang secara tiba-tiba mengubah batasan bagi akses platform API.

Instagram
copyright©teknokompas

Sekedar informasi, berasal dari salah seorang sumber, dimana tarikan data untuk platform API Instagram yang sebelumnya yakni pengembang. Dalam hal ini Instagram yang tak memberikan informasi mengenai adanya perubahan tersebut kepada para pengembang. Ringkasnya, dapat dikatakan jika Instagram yang membatasi akses ke platform API miliknya. Sehingga banyak para pengembang yang mengeluhkan adanya keterbatasan tarikan data Instagram ini.

Menurut pengembang, untuk sejumlah industri yang mengandalkan akses konstant ke dalam data-data Instagram, seperti untuk pemasaran, dinilai batasan tersebut yang dibuat oleh Instagram sangat menyulitkan. Bukan hanya itu, batasan tersebut dilakukan oleh Instagram agar membatasi jumlah informasi yang dapat diakses oleh pihak luar.

Baca Juga : Instagram Hadirkan Fitur Anyar Bisnis, Tampilan Penuh untuk Iklan di Stories !

Apabila para pengembang yang melakukan pilih-pilih data pengguna Instagram, mereka kemungkinan bakal berhenti mengumpulkan data dari pengguna. Terkait masalah tersebut, Instagram yang enggan menanggapi hal ini. Sehingga beberapa pengembang yang mengeluhkan batasan Instagram dengan mencuitkan hal tersebut melalui akun Twitter miliknya. Dimana para pengembang yang tidak menduga dan sangat tidak menyenangkan.

Walaupun begitu, baik untuk Facebook ataupun Instagram yang tengah berupaya lebih fokus untuk memenuhi permintaan pengembang dan pengguna, terutama adanya penyalahgunaan data Facebook oleh Cambridge Analytica yang membuat heboh perusahaan tersebut di bulan lalu. Dimana sebelumnya Instagram yang telah memiliki rencana untuk mengubah platform API-nya.

Perusahaan media sosial tersebut sebelumnya yang memberikan pemberitahuan kepada para pengembang jika pihaknya bakal mengganti API ke API yang bersifat terbatas di awal tahun 2020. Tetapi disebabkan adanya kasus Cambridge Analytica, sehingga Instagram yang mempercepat aturan baru itu.

Baca Juga : Update Terbaru, Hashtag dan Link Profile Kini Bisa Ditambahkan ke Bio di Instagram Lho…