Tanggapan Kominfo Soal Implementasi Jaringan 5G di Indonesia, Masih Lama?

0
743
5G Smartphone
Copyright©digitas

Kehadiran 5G di Indonesia Menurut Menkominfo

Eratekno.com – Untuk sekarang ini teknologi 4G memang sudah tidak begitu spesial, dikarenakan kecepatan akses internetnya yang terbilang sudah tidak lagi jadi yang tercepat. Sekarang adalah zamannya jaringan 5G yang katanya memiliki kecepatan internet jauh lebih cepat ketimbang 4G LTE.

Beberapa vendor diketahui juga sudah berlomba untuk meluncurkan Smartphone dengan dukungan jaringan terbaru itu. Semisal seperti Samsung dengan Galaxy S10 5G dan Galaxy Note 10 besutannya, kemudian di segmen kelas menengah ada Xiaomi dengan Mi 9 Pro 5G. Hal itu dikarenakan memang beberapa Negara sudah mengkomersialkan jaringan 5G. Lalu, Indonesia bagaimana?

Simak Nih: Xiaomi Siapkan Puluhan HP Android 5G, Ada Yang Bakal Dijual Murah?

Ternyata ketika dilakukan wawancara, Menkominfo RI baru Johnny G Plate telah menyatakan kalau Indonesia tidak perlu terburu-buru dalam implementasi 5G ini. Dan ia juga menjelaskan kalau jaringan yang sudah ada sebelumnya, mulai dari 2G, 3G, hingga 4G perlu dirapikan terlebih dahulu.

Johnny
Copyright©KompasTekno

“Kalau ambisi, kita juga ingin. Tapi ada tahapannya. Masih ada di wilayah kita yang 2G, 3G, 4G. Selesaikan semuanya dengan baik dulu,” begitulah yang dikatakan oleh Johnny ketika ditemui di Kantor Kementerian Kominfo, sebagaimana dilansir dari KompasTekno, Selasa (29/10/2019).

Baca Juga: Dijual Lebih Terjangkau, Samsung Galaxy A90 5G Resmi Diluncurkan!

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen SDPPI Kemkominfo bernama Ismail juga menanggapi soal isu kehadiran Jaringan 5G ke Indonesia kali ini. Ia menyatakan kalau Kominfo perlu menyiapkan ekosistem jaringannya terlebih dahulu. Untuk ekosistem yang dimaksud yakni seperti aplikasi, hingga model bisnis yang hendak diterapkan oleh Operator Indonesia ataupun pihak lain.

Terlepas dari penjelasan terkait kedatangan jaringan 5G ke Indonesia oleh Kominfo. Sebelumnya, Cisco yang merupakan perusahaan penyedia perangkat jaringan asal AS juga pernah memperkirakan kalau Tanah Air baru akan mulai menikmati jaringan tersebut di tahun 2023 mendatang.

Bukan cuman itu saja, perusahaan ini juga memperkirakan kalau jumlah pengguna jaringan 5G akan membludak hingga 100 juta pengguna dalam waktu 2 tahun. Dengan demikian, untuk proses penyebarannya lebih merata, Indonesia baru bisa menyelesaikannya di tahun 2025.

baca juga: Smartphone 5G Termurah Resmi Dirilis, Harganya Mulai Segini !