Tanggapan Mediatek Mengenai Kapan 5G Dapat Tersedia Di Indonesia

1336
Tanggapan Mediatek Mengenai Kapan 5G Dapat Tersedia Di Indonesia
Copyright@detik.com

Eratekno – Belakangan ini perkembangan jaringan 5G memang terjadi sangat cepat, dalam kurun waktu enam bulan jumlah perangkat yang menggunakan jaringan 5G sudah berjumlah sangat banyak.

Bahkan di Indonesia saja sudah ada perangkat yang dapat mendukung jaringan tersebut, walaupun begitu hingga saat ini masih belum ada kepastian mengenai kapan jaringan 5G dapat tersedia di Indonesia.

Padalah sudah cukup banyak vendor yang telah berisap untuk membawa perangkat berteknologi 5G masuk ke Indonesia, salah satunya adalah Mediatek.

Sebagai informasi tambahan, hingga saat ini Mediatek telah memiliki jajaran prosesor Dimensity yang telah mendukung jaringan 5G, hingga saat ini mediatek telah meluncurkan beberapa seri prosesor termasuk Dimensity 1000, 820, 800, dan yang terbaru 800U serta 720.

Menurut keterangan Technical Account Manager APAC MediaTek, Chinlin Low, sebenarnya operator seluler yang ada Indonesia sudah melakukan persiapan untuk menggelar jaringan 5G sejak tahun 2018.

Pernyataan tersebut di ungkapkan oleh Chinlin Low dalam acara SEA Media Coffee Talk (8/9).

Dia mengungkapkan jika Mediatek telah berkomunikasi dengan pihak operator dan tampaknya mereka sudah siap untuk menggelar jaringan 5G.

Namun yang menjadi masalah adalah jaringan 5G tersebut mengalami bentrok dengan spektrum jaringan yang sudah tersedia terlebih dahulu di Indonesia.

Mediatek memperkirakan jika jaringan 5G di Indonesia akan dapat beroperasi secara penuh pada tahun 2024 nanti.

Baca Juga: Berkat Qualqomm, Harga Ponsel 5G Akan Jadi Jauh Lebih Murah