Tanpa Dibekali Pemindai Sidik Jari, Amankah Oppo A83 ?

0
355
[email protected]

Hanya Dibekali Pemindai Wajah, Amankah Oppo A83 ?

Eratekno.comOppo yang merilis smartphone anyar yakni Oppo A83 dengan dibanderol berkisar Rp 3 jutan, yang terbilang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan seri F5 yang terdiri atas tiga model tersebut. Dimana harga tersebut tergolong lebih rendah berarti ada sejumlah fitur yang ikut dipangkas.

Oppo A83, yang memang tidak dilengkapi dengan pemindai sidik jari layaknya Oppo F5. Ponsel tersebut hanya mengandalkan teknologi biometrik berbasis pengenalan wajah dan artificial intelligence (AI) melalui kamera depan.

Baca Juga : Tak Seperti Kompetitor, Oppo Tak Mau Banting Harga ! Andalkan Fitur Ini ?

Meski demikian, PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto yang menjelaskan, jika teknologi face recognition yang diusung oleh Oppo A83 tersebut juga sudah tertanam pada Oppo F5 dengan memiliki tingkat keamanan yang tinggi serta tidak dapat dikibuli dengan foto wajah lain.

Oppo A83
[email protected]

Sebab AI face recognition pada Oppo A83 yang sudah bekerja dengan 128 titik yang berbeda di wajah pengguna secara tiga dimensi, dengan demikian sulit sekali untuk mampu menembus keamanan dari segi deteksi wajah tersebut.

Jadi, hanya bisa di-unlock dengan wajah sungguhan, tidak bisa pakai foto,” ucap Aryo ketika dijumpai usai acara Media Experience Oppo A83 di Jakarta, Rabu (21/2/2018). Dengan adanya teknologi AI yang sama dengan fitur dipakai untuk mempercantik hasil jepretan foto selfie di Oppo A83 dan seri F5. Namun, jumlah dari titik yang dipindai di wajah lebih banyak, yakni 254 titik.

Baca Juga : Harga Lebih Murah Tapi Lebih Kencang, Hasil Benchmark Oppo A83 Lampaui F5 Youth

Aryo yang mengungkapkan, proses AI di Oppo A83 dan seri F3 yang dipercayakan oleh CPU dan pengolah grafis (GPU) yang ditanamkan di System-on-Chip (SoC) MediaTek HelioP23. Oppo yang memang tak menggunakan chip terpisah untuk AI (Neural Processing Unit), dengan alasan hal tersebut dapat menghembat pemaiakan daya perangkat, ditambah kinerja dari chip Helio P23 yang tergolong sudah cukup mumpuni untuk mengangani hal tersebut.

Diluar kesamaan SoC, ada beberpa perbedaan spesifikasi antara Oppo A83 dengan seri F3, misalnya untuk ukuran serta resolusi layar yang lebih kecil, dimana resolusi kamera yang lebih rendah. Tetapi untuk teknologi AI yang dipakai kedua ponsel tersebut tergolong sama.

Baca Juga : Sedang Naik Daun, Xiaomi Mulai Berani Sindir Samsung, Oppo, Vivo ?