Tanpa MOD, Begini Cara Aktifkan Mode Gelap WhatsApp di Android!

0
4960
Copyright©MobileAppDaily

Cara Gunakan Mode Gelap di WhatsApp Android

Eratekno.com – Dark mode WhatsApp memang sedang menjadi tren saat ini. Meskipun belum dirilis secara resmi, akan tetapi beberapa dari pengguna WA sudah tak sabar ingin menerapkan mode tersebut. Tidak hanya aplikasi warna hijau ini, ternyata mode gelap sebelumnya juga sudah diterapkan pada beberapa aplikasi sosial media.

Seperti Youtube, Twitter sampai Messenger pun juga sudah terintegrasi dengan mode tersebut. Hadirnya dark mode diklaim memberikan dampak positif pada smartphone salah satunya mampu menghemat konsumsi daya.

Baca juga: Akun WhatsApp Kamu Dibajak? Begini Lho Cara Memulihkannya Kembali !

Bahkan pihak  WhatsApp sendiri juga sudah beberapa kali melakukan pengujian mode gelap tersebut. Tidak hanya itu, mereka juga sudah menyediakan dark mode ini dalam versi beta.

Copyright©MobileAppDaily

Nah, untuk kamu yang tak sabar ingin menerapkan dark mode pada aplikasi WhatsApp Tersebut, maka kamu bisa mengaktifkannya dengan cara berikut ini :

  • Buka menu pengaturan atau setting dalam smartphone
  • Kemudian buka menu Display lalu lanjut ke menu Select Theme kemudian pilih menu dark. Menu tersebut merupakan tema gelam bawaan Google yang ditambahkan pada Android Q.
  • Apabila tema sudah diaktifkan, selanjutnya yang harus dilakukan adalah memberikan izin developer.
  • Klik menu setting kemudian pilih menu About phone.
  • Scroll kebawah sampai menemukan menu Build Number.
  • Tap beberapa kali sampai muncul pesan Developer Options is turned on. Jika sudah muncul pesan seperti itu, tandanya developer sudah berhasil diaktifkan.
  • Setelah berhasil di aktifkan selanjutnya cari menu Ovverride force-dark kemudian klik.
  • Pada tahap tersebut kalian bisa memastikan apakah tema gelap tersebut sudah diterapkan pada WhatsApp atau belum.
  • Jika sudah berhasil maka dasar chatting akan berubah menjadi gelap

Agar terlihat lebih asik, pastikan jika wallpaper yang kamu gunakan berwarna gelap. Hal ini akan memberikan pengalaman mode gelap WhatsApp yang lebih bagus. Selain android, dark mode ini juga bisa diterapkan di iOS.

Namun sebelum itu, untuk kamu harus melakukan update iOS 13. Dan pastikan pula jika semua file dalam perangkat sudah di backup, untuk mengantisipasi file hilang. Sebab untuk versi beta besar kemungkinan memiliki jumlah bug yang banyak. Sehingga mampu menghambat kinerja perangkat .

Baca juga: WhatsApp Cs Sering Down, Rekayasa Dari Pemerintah?