Tanpa Ribet! Ini Cara Mudah Hapus Virus di Smartphone Android Tanpa Antivirus!

0
733
Copyright©Jalantikus

Cara Menghapus Virus di Smartphone Android Tanpa Antivirus

Eratekno.com – Di era perkembangan teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini, kebanyakan orang akan mengandalkan kemampuan sebuah alat elektronik seperti Smartphone Android untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, seperti berkomunikasi dan lain-lain. Perangkat berbasis Android ini sendiri juga memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah banyaknya aplikasi yang dihadirkan.

Baca Juga : Cara Mudah Menghapus Cache Secara Otomatis di Smartphone Android!

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun perangkat dengan sistem operasi yang dikembangkan Google ini juga memiliki beberapa kelemahan, seperti rentan terserang virus, sehingga perangkat tidak bisa berfungsi dengan optimal. Nah, bagi kalian yang ingin mengatasi masalah ini, kalian bisa saja mengatasinya tanpa antivirus loh! Penasaran? Langsung simak ulasannya berikut ini.

Cara Hapus Virus Tanpa Antivirus di Smartphone Android

Masuk ke Safe Mode

Hasil gambar untuk Masuk ke Safe Mode android
Copyright©Dokter Teknologi

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan masuk terlebih dahulu ke safe mode dengan cara menekan tombol power dan volume. Safe mode sendiri memiliki fungsi agar kinerja Android menjadi lebih ringan karena hanya menjalankan aplikasi inti saja.

Cek Aplikasi di Safe Mode

Kemudian, kalian bisa mengecek atau memeriksa aplikasi dengan cara mengakses menu Pengaturan >> Aplikasi >> pilih Download. Di mode ini, sistem tidak akan mendeteksi aplikasi pihak ketiga, jadi kalian bisa mengidentifikasi virus yang masuk saat ada aplikasi asing ter-identifikasi sebagai virus.

Hapus Aplikasi Asing

Hasil gambar untuk hapus aplikasi asing di safe mode android
Copyright©Rumoh Hape Indonesia

Setelah kalian menemukan aplikasi asing yang terdeteksi sebagai virus, maka kalian bisa langsung menghapusnya dengan cara klik ‘Uninstall’. Dan saat aplikasi asing tidak bisa dihapus, bisa jadi karena kalian memberikan akses administrator pada aplikasi.

Cabut Izin Akses Administrator

Kemudian, saat aplikasi tidak bisa dihapus, maka kalian hapus akses administrator pada aplikasi tersebut. Caranya cukup masuk ke menu Settings >> Security dan Device Administrator >> Hilangkan akses administrator dari aplikasi asing tersebut dan hapus.

Pergi dari Safe Mode

Hasil gambar untuk Masuk ke Safe Mode android
Copyright©Jalantikus

Dan yang terakhir adalah keluar dari safe mode setelah berhasil menghapus aplikasi yang terindikasi sebagai virus tersebut. Cara keluarnya, kalian bisa melakukan reboot atau restart pada perangkat agar bebas dari serangan virus.

Nah, itulah cara menghapus virus di Smartphone Android tanpa menggunakan aplikasi antivirus yang bisa kalian coba terapkan dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Daripada Menyesal, Deretan Smartphone Android Xiaomi ini Sebaiknya Jangan Dibeli!