Tanpa Root! Begini Cara Mengubah Fungsi Tombol Fisik Smartphone Android Sesuai Selera!

0
272
Copyright©PCplus Online

Cara Ubah Fungsi Tombol Fisik Smartphone Android

Eratekno.com – Seiring perkembangan zaman yang semakin modern seperti sekarang ini, kebanyakan Smartphone Android yang dihadirkan saat ini memang menawarkan desain full view, dan umumnya sudah meletakkan tombol navigasi dalam layar, seperti tombol Home, back dan recent apps. Memang sih masih menyediakan tombol fisik, hanya saja itu biasanya berupa tombol power dan volume saja. Kendati demikian, beberapa vendor Smartphone sendiri ada yang juga menambahkan tombol lain seperti Bixby di Samsung dan Mi Assistant di Xiaomi, serta yang lainnya.

Baca Juga : Cepat Dan Praktis, Begini Cara Logout Gmail di Smartphone Android

Tombol fisik yang disediakan itu sendiri pastinya hanya akan melakukan perintah tertentu saja, jadi memang terkesan biasa saja. Namun, ternyata kalian bisa saja mengubah fungsi tombol tersebut sesuai keinginan loh! Penasaran? Langsung saja simak nih, berikut ini cara mengubah fungsi tombol fisik Smartphone Android dengan mudah!

Cara Mengubah Fungsi Tombol Fisik Smartphone Android

Sebelum melanjutkan ke langkah-langkah untuk mengubah fungsi tersebut, sebelumnya perlu diketahui ternyata ada sebuah aplikasi unik yang memungkinkan kalian bisa mengubah fungsi tombol power, volume dan assistant sesuai keinginan pengguna. Adapun aplikasi yang dimaksud ini adalah Button Mapper. Aplikasi ini sendiri bisa dengan mudah kalian dapatkan di Google Play Store dan bahkan tanpa harus memiliki akses root, kalian bisa menjalankan aplikasi tersebut. Begini caranya:

Copyright©aplikasi
  • Pertama-tama, kalian harus download dan install aplikasi Button Mapper tersebut di masing-masing perangkat kalian. Install seperti biasa, dan jika sudah kalian bisa membuka aplikasinya serta berikan izin Aksesibilitas agar aplikasi tersebut bisa berjalan dengan maksimal.
  • Setelah itu, kalian akan melihat daftar tombol fisik yang bisa dimodifikasi dan kalian bisa memilih salah satu tombol yang ingin diganti fungsinya. Jika ada tombol yang kurang, maka kalian bisa menambahkan-nya di menu Add Buttons.
  • Kalian juga bisa mengubah fungsi double tap di tombol volume down untuk mengakses flashlight. Dengan begitu, saat tombol volume ditekan dua kali, maka senter dalam HP kalian akan menyala, sementara untuk mematikannya, kalian cukup menekan kombinasi tombol yang sama.

Nah, seperti itulah cara mengubah fungsi tombol fisik Smartphone Android yang bisa kalian terapkan dengan mudah. Dengan begitu kalian bisa menyesuaikan beberapa fungsi tombol sesuai keinginan karena aplikasi ini telah menyediakan berbagai macam fungsi menarik untuk dicoba. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca Juga : Ini Dia! Tips Agar Smartphone Android Tetap Awet Dan Tidak Bergantung Pada Powerbank!