Teknologi Pemindai Wajah Bakal Digunakan Pada Olimpiade Tokyo 2020?

0
801
Copyright©Liputan6

Olimpiade Tokyo 2020 Bakal Terapkan Teknologi Pemindai Wajah?

Eratekno.com – Teknologi pemindai wajah saat menjadi sesuatu yang sudah tak lagi asing. Pasalnya teknologi tersebut telah di aplikasikan pada beberapa smartphone.

Berbicara mengenai teknologi pemindai wajahnya, kabarnya teknologi canggih ini akan di aplikasikan di dunia olahraga. Panitia Olimpiade 2020 Tokyo di laporkan tengah mempertimbangkan teknologi tersebut. Di lansir dari Japan Times ,mereka juga berkeinginan untuk memakai teknologi pemindai wajah dalam skala besar dalam ajang olimpiade global.

Di kembangkan oleh NEC, panita mengatakan bahwa sistem pemindai wajah akan membantu keamanan kartu identitas palsu atau di curi. Tak hanya itu, teknologi ini juga di anggap mampu mempercepat arus lalu lintas atlet, pejabat dan awak media saat memasuki lokasi.

Baca juga: Apple iPhone X Berhasil Pengaruhi Pengguna Android untuk Beralih ke iOS

Sistem tersebut di perkirakan akan mengelola hingga 400.000 orang serta menandai adopsi teknologi pemidai wajah terbesar yang pernah ada di olimpiade. Untuk mengatur sistem, foto wajah akan di simpan di database sehingga  teknologinya bisa membandingkannya dengan wajah asli atlet atau pejabat lainnya ketika mereka tiba di lokasi.

Olimpiade Tokyo sendiri masih akan berlangsung dua tahun lagi. Teknologi ini di harapkan tengah di sempurnakana melalui pengujian  untuk mencegah antrean di gerbang yang berpotensi membuat pertandingan tertunda dan tak sesuai jadwal yang telah di tentukan. Hal ini cukup membuat atlet tidak nyaman dalam mempersiapkan dirinya untuk bertanding.

Copyright©Shutterstock

NEC sendiri telah mengembangkan teknologi pengenalan wajah selama bertahun-tahun. Pada 2014 lalu, NEC merilis sebuah sistem yang di sebut NeoFace yang bisa membantu Departemen Kepolisian Chicago melacak seorang tersangka criminal.

Baca juga: Hacker Tebar Malware Berbahaya Lewat Facebook

NeoFace dapat menganalisi wajah dalam rekaman kemaanan live streaming dan mencari wajah-wajah identik di databasenya kemudian memberi tahu pihak berwenang. Meski begitu, di sisi lain beberapa pihak mengkhawatirkan akan privasi sesorang jika pemindai wajah juga di terapkan di olimpiade 2020 Tokyo.

Demikian informasi tersebut di lansir dari Digital Trends pada Rabu (27/12/2017).

Lalu akan panitia olimpiade Tokyo 2020 akan benar-benar menerapkan teknologi pemindai  wajah? Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

     Baca juga Fitur Ini yang Bisa Dinikmati Bila Teknologi 5G Rilis di Indonesia