Teman Kalian Ada yang Keluar Grup WhatsApp Mendadak? Hati-hati Hal ini!

0
949
Copyright©Vice

WhatsApp Jadi Media Paling Rawan untuk Aksi Bullying

Eratekno.comWhatsApp merupakan aplikasi pesan instant yang menyediakan banyak fitur canggih didalamnya. Tidak hanya bisa mengirimkan pesan teks saja, namun kalian juga bisa mengirim file foto, video, maupun audio didalamnya.

Didalam aplikasi miliki anak perusahaan Facebook ini juga menyediakan fitur grup, dimana kalian bisa membangun obrolan dengan banyak orang dalam satu wadah. Biasanya grup WhatsApp ini sering kali digunakan untuk teman, keluarga, maupun anggota klub.

Baca juga: Seberapa Besar Cinta Pasanganmu? Cek dengan Obrolan di Whatsapp

Didalam grup WhatsApp ini kalian bisa mengirim pesan, gambar, maupun meninggalkan grup jika dirasa udah gak penting. Namun jika teman WhatsApp kalian ada yang keluar grup secara mendadak, sepertinya ada masalah yang terjadi, salah satunya adalah kasus Bullying Online.

Copyright©Vice

“Bahkan ditemukan di kasus 2017 lalu anak sekolah ternyata salah satu faktor signifikan pemicu pikiran bunuh diri itu adalah bullying. Nah ini yang harus kita fokuskan sebagai orang tua, teman juga, kenapa? Karena sering kali teman-teman yang suicidal awalnya itu bicara pelan-pelan, posting, orang bilang ‘ah caper ngomong pengen mati kok nggak mati-mati ya’ ” Kata Benny Prawira, SPsi, Ketua Komunitas Pencegahan Bunuh Diri, Into The Light, dikutip dari laman Inet.detik.

Baca juga: Segera Aktifkan, Fitur Ini Bikin Akun WhatsApp Aman dari Serangan Hacker !

Perlu kalian ketahui, jika kebanyakan tindakan bullying ini bisa terjadi di tengah seseorang sedang membutuhkan pertolongan. Sebagai seorang teman kita seharusnya bertindak untuk membantu mereka dengan memberikan motivasi agar bisa bangkit kembali, bukan malah menjatuhkannya, terlebih dengan cara memosting story di sosial media seperti Facebook, Instagram, maupun WhatsApp, yang membuat banyak orang lain mengetahuinya.

Sebagai sosial media yang paling laris, WhatsApp bia jadi media yang sering digunakan oleh mereka melampiaskan hal tersebut, dan Benny pun memberikan saran gimana cara bijak menggunakan sosial media.

“Jadi kalau punya peer yang menunjukkan postingan gelap, profile picturenya hitam, tiba-tiba di WhatsApp left group kita, menunjukkan gejala kayaknya udah hopeless banget, coba reach out,” saran Benny.

Nah jika teman kalian di WhatsApp ada yang mengalami ciri-ciri diatas tadi, sebagai teman yang baik, tidak ada salahnya kalian coba tanya baik-baik kepadanya mengenai masalah yang sedang ia hadapi.

Baca juga: Matikan Sekarang Juga, Fitur WhatsApp Ini Ternyata Bikin HP Android Lemot !