Ternyata Bukan Cuma Vivo yang Punya Konsep Pop-up Selfie, Siapa Lagi?

0
242
Vivo
copyright©jasakom

Bukan Cuma Milik Vivo, Konsep Pop-up Selfie Ternyata Juga Dimiliki Essensial

Eratekno.com – Beberapa waktu lalu Vivo menghadirkan konsep Vivo Apex. Konsep yang dimunculkan dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 tersebut sukses menyita perhatian pecinta gadget di seluruh penjuru dunia.

Tidak mau ketinggalan, sepertinya vendor smartphone Essential ternyata juga mengembangkan ponsel dengan konsep yang sama seperti yang dihadirkan Vivo. Dikatakan cukup menarik, sebab Vivo menempatakan kamera depan di tempat yang tersembunyi di bawah bodi.

Baca juga : Widih Asyik, Video Call Pakai Skype di Android Lawas Makin Lancah Lho!

Kemera dengan lensa berseolusi 8 MP tersebut dapat muncul dari sisi atas jika dibutuhkan. Untuk memunculkan lensa tersebut terbilang cepat yakni hanya memakan waktu 0,8 detik hingga lensa siap digunakan. Banyak orang menyebutkan jika munculnya lensa tersembunyi tersebut dengan istilah konsep pop-up selfie.

Vivo
copyright©indosatu

Langkah tersebut dilakukan untuk mengakomodir layar penuh tanpa celah sedikitpun seperti notch yang terpasang pada iPhone X. Oleh karena itu, untuk urusan sensor-sensor mulai dari sidik jari dan procimity diletakkan dibawah layar. Jika dilihat secara seksama, kosep Vivo Apex yang dipamerkan oleh Vivo ini memang terbilang cukup inovatif.

Namun meskipun begitu, Vivo bukanlah satu-satunya vendor yang memiliki konsep Pop-up tersebut. Essential yang juga merupakan vendor smartphone besutan Andy Rubin (bapak Android) ternyata juga memiliki konsep serupa. Bahkan vendor ponsel yang satu ini telah mengajukan paten ponsel dengan konsep pop-up selfie sejak bulan Mei 2016 silam.

Baca juga : Konsep Vivo APEX, Smartphone Desain Super Tipis dengan Kamera Seperti Periskop

Disebutkan oleh Rubin Essensial jika paten tersbeut diisi dibawah nama ‘Perlengkapan dan metode untuk memaksimalkan area layar dari perangkat mobile’. Dalam kicauannya tersebut, Rubin juga menyertakan gambar paten yang menunjukan konsep pop-up selfie yang terlihat sagta mirip dengan konsep Vivo Apex yanag dimunculkan Vivo di ajang tahunan MWC 2018 kemarin.

Sementara itu, karena ponsel dengan pop-up selfie ini masih dalam bentuk konsep, maka Vivo tidak harus mendpaatkan lisensi. Namun berbeda lagi jika vendor smartphone asal China itu akan memproduksinya secara masal. Mereka harus mendapatkan lisensi dan ijin dari yang mematenkan konsep tersebut. Jadi layak kita nantikan bagaimana langkah yang diambil Vivo, apakah mereka benar-benar akan memproduksi Vivo Apex atau tidak nantinya.

Baca juga: Disandingkan Vivo APEX, Layar iPhone X Dibuat Kelihatan Kuno