Ternyata Obrolan WhatsApp Rentan Dimanipulasi, Kok Bisa?

0
179
Copyright©checkpoint

Celah Keamanan WhatsApp Rentan Dibobol Lagi

Eratekno.com – Sebagai salah satu aplikasi pesan instant paling populer, WhatsApp memang tidak pernah terlepas dari berbagai pembicaraan. Mulai dari mengenai fitur baru yang dimilikinya, hingga pemberitaan tentang celah keamanan yang mengancam privasi dari pengguna.

Seperti yang baru-baru ini dilaporkan, beredar kabar jika ternyata ada sebuah celah keamanan didalam aplikasi WhatsApp yang menganacam keamanan dari aplikasi tersebut. Celah ini memungkinkan pengguna memanipulasi obrolan didalam aplikasi.

Baca juga: Auto Kecyduk, Begini Cara Baca Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus!

Seperti yang dilaporkan oleh Checkpoint, dari sebuah demonstrasi yang dilakukan dimana sebuah alat bisa mengubah pesan dari pengirim membuatnya seolah-olah memang pengirim yang mengetik pesan WhatsApp itu sendiri.

Copyright©checkpoint

Jadi kesimpulannya, penerima pesan WhatsApp ini nanti bisa mengedit pesan yang dikirim oleh rekannya tersebut sesuai dengan keinginannya sendiri, dan terlihat jika sang pengirimlah yang memang benar-benar menulis pesan tersebut.

Baca juga: Wajib Coba ! Berikut Ini Cara Kirim Pesan WhatsApp  Tanpa Mengetik !

Oded Vanunu, salah seorang peneliti dari Checkpoint mengatakan jika cara ini jelas bisa disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk memanipulasi pesan WhatsApp dan bisa menimbulkan hoax nantinya.

Yang mengkhawatirkan, Vanunu mengatakan jika semua karakter didalam pesan instant milik anak perusahaan Facebook tersebut bisa dimanipulasi secara keseluruhan. Dan yang lebih parah, identitas dari pengirim pesan juga bisa diubah sesuai dengan keinginan.

Selain hal tersebut, masih ada celah keamanan lain dari WhatsApp yang disoroti oleh Checkpoint, dimana celah ini mampu menipu pengguna seolah-olah mereka sedang mengirimkan pesan privat kepada seseorang, padahal sebenarnya mereka mengirimkan pesan kedalam grup publik.

Namun kabarnya, masalah yang terdapat didalam WhatsApp ini sudah diperbaiki langsung oleh pihak Facebook agar tidak memakan banyak korban.

Baca juga: Kini Pesan Teks WhatsApp Bisa Langsung Didengar, Caranya?