Ternyata Segini “Masa Layak Pakai” Gadget Apple?

0
275
[email protected]

Berapa Lama “Masa Layak Pakai” Gadget Apple?

Eratekno.com – Bagi pengguna serta pemilik gadget yang umumnya memakai perangkatnya sampai beberapa waktu, sebelum diganti beli produk baru. Namun untuk gadget buatan Apple seeperti iPhone, iPad dan Watch, berapa lama masa pakainya secara umum ?

Baca Juga : Canggih Banget, Aplikasi Apple Watch Series Bisa Lacak Ski Lho!

Untuk mendapat jawaban dari pertanyaan diatas, analis sebuah industri dari Asymco, Horace yang telah menelaah jumlah perangkat Apple yang masih aktif kemudian yang sudah dipensiunkan. Dediu yang menyatakan jumlah perangkat Apple yang sedang aktif digunakan oleh pemiliknya, yakni sebanyak 1,3 miliar unit, seperti yang diungkapkan sendiri oleh Apple terkait laporan atas keuangan terbarunya itu.

[email protected]

Jumlah dari penjualan gadget produk Apple secara keseluruhan sebanyak 2,05 unit, lalu dikurangi dengan angka gadget yang sedang aktif tersebut. didapatkan jika 750 juta perangkat Apple yang sudah dipensiunkan oleh penggunanya saat ini.

Penjualan perangkat secara kumulatif mencapai 750 juta unit pada kuartal ketiga 2013. Karena itu, masa pakai diperkirakan antara sekarang dengan kuartal III 2013 atau 17 kuartal, atau 4 tahun tiga bulan,” tulis Dediu dalam laporannya.

Sehingga, empat tahun tiga bulan tersebut merupakan rata-rata masa pakai yang layak bagi perangkat Apple oleh pemiliknya. Sehabis itu, dimana perangkat tersebut akan dipensiunkan, baik itu dijual atau dibuang, bahkan disimpan begitu saja untuk diganti dengan perangkat yang baru.

Baca Juga : Apple Bakal Garap MacBook Tanpa Keyboard Fisik?

Walau demikian, seperti yang dikutip oleh KompasTekno dari Apple Insider, Senin (5/3/2018), dari hasil temuan Dediu yang berlaku untuk semua perangkat Apple secara kumulatif, yakni iPhone, iPad hingga jam tangan pintar Watch dan Komputer Mac.

Angka berakdown per perangkat yang tidak dapat dicari, sebab Apple yang sengaja tidak menjelaskan secara gamblang tentang penjualan masing-masing kategori perangkat secara terperinci. Sebab, bisa jadi sejumlah perangkat, yakni komputer Mac, yang memiliki masa pakai yang jauh lebih panjang ketimbang perangkat lain.

Lantas, di industri smartpone, baru-baru ini muncul tren kondumen yang memakai perangkat miliknya lebih lama sebelum membeli perangkat baru.

Baca Juga : Teknologi Canggih, Airpod Apple Bakal Sematkan Fitur Sensor Kesehatan ?