Tetap Optimal Meski RAM 1 GB, Ini Rahasia Nokia 2!

0
8727
Nokia 2
Copyright©Youtube

Nokia 2 Hanya Miliki RAM 1 GB dan Tetap Optimal, Kenapa?

Eratekno.com – Ponsel Nokia memang menjadi ponsel yang memiliki ketahanan dan juga keunggulan tersendiri meskipun saat ini sudah banyak jenis ponsel yang marak dipasaran. Salah satu perangkat Nokia yang sudah android dan juga dibadrol dengan harga yang murah adalah Nokia 2.

Nokia tipe 2 ini adalah ponsel Android Nokia termurah sejauh ini, harganya pun hanya 99 euro atau pada kisaran Rp 1,5 Juta. Namun beredasr kabar bahwa  ‘jeroannya’ dinilai payah untuk ponsel sekelasnya hingga cukup banyak menuai bergaam kritikan dari pengguna. Lantas bagaimana dengan jawaban HMD Global terkait dengan hal ini?

Nokia dengan tipe 2 ini memiliki layarnya 5,5 inch resolusi HD, ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 212. Adapun RAM 1 GB. Ada kamera 8 megapixel dan kamera depan 5 megapixel. Lalu memori internal 8 GB dengan slot microSD untuk ekspansi. Yang diunggulkan dari ponsel ini adalah baterai besar, 4.100 mAh.

Baca: Microsoft Luncurkan Nokia 216, Harga Rp 500.000

Namun yang paling banyak disorot oleh pengguna adalah kecilnya RAM yang dimiliki oleh produk Nokia yang satu ini. selain itu memori internal sampai pilihan prosesornya juga banyak mendapatkan kritkaan.

Nokia 2
Copyright©Nokia 2

Akhirnya Eksekutif HMD Global pun angkat bicara terkait dengan adanya keluhan ini. Juho Sarvikas selaku Chief Product Officer HMD Global pun membeberkan keunggulan dari Nokia 2.

“Ini soal pemilihan teknologi. Layar jenis LPTS di Nokia 2 tidak eksis di ponsel apapun seharga ini namun kami memberikannya karena menghabiskan daya 50% lebih rendah saat layar menyala”Papar Juho Sarvikas. Sementara itu dilansir dari NDTV, pemilihan Snapdragon 212 dan juga RAM 1 GB ini dikatakan untuk mengoptimalisasikan ponsel.

Baca: Nokia 230 Siap Dirilis, Inilah Harga dan Spesifikasinya

Sarvikas mengklaim spei ini memang terlihat payah namun tak berpengaruh pada pemakaian. Sarvikas juga menambahkan bahwa pemilihan Snapdragon 212 ini juga membuat Nokia 2 memiliki integrasi terbaik dan juga konsumsi daya terbaik diindustri.

“Kami melakukan banyak hal sebelum memilih Snapdragon 212. Kami memiliki integrasi terbaik dan konsumsi daya terbaik di industri, seperti misalnya Snapdragon 430 di Nokia 5 dan Nokia 6 yang diukur Geekbench. Hal yang sama kami lakukan di Nokia 2”Imbuhnya lagi.

Tak hanya itu saja, menurutnya system operasi Androdi juga semakin efisien pada Nokia 2. “Sistem operasi seperti Android O makin efisien. Ada inisiatif bernama Android Go yang bertujuan mengoptimalkan experience di perangkat dengan memori rendah. Kami melakukannya saat ini di Android N dan di Android O makin efektif”Paparnya. Ia juga mengharapkan bahwa pengguna bisa mendapatkan pengalaman yang sama saat ini meskipun RAM dan juga chipset yang lebih rendah.

baca juga !

Muncul di TENAA, Ini Pesifikasi Singkat Nokia 6 (2018)