Tidak Berfungsi? Begini Cara Perbaiki Aplikasi Android Yang Rusak Dengan Mudah!

0
205
Copyright©cariponsel

5 Cara Perbaiki Aplikasi Android Rusak

Eratekno.com – Seperti yang diketahui bersama, bahwa kebanyakan Smartphone masa kini telah dibekali dengan kemampuan dan performa yang canggih. Meskipun begitu, tak jarang pengguna Smartphone juga mengalami kerusakan pada salah satu Aplikasi Android yang terinstall di perangkatnya, mulai dari masalah macet, error dan semacam kerusakan yang menyebalkan. Permasalahan ini sendiri biasanya tidak terjadi pada pengguna Smartphone saja, melainkan juga pengguna Tablet Android juga.

Baca Juga : Daftar Aplikasi Android Pemblokir Iklan Terbaik 2019!

Adapun permasalahan ini biasanya menampilkan peringatan seperti ‘Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti’, ‘Sayangnya, Aplikasi Tidak Menanggapi’, ‘Sayangnya, Aplikasi Terus Berhenti’ dan masih banyak lagi. Nah, terkait hal ini, sebenarnya kalian bisa saja mengatasinya dengan beberapa metode yang bisa dilakukan dengan mudah. Penasaran? Langsung saja, berikut 5 Cara perbaiki Aplikasi yang rusak.

5 Cara Perbaiki Aplikasi Android Yang Rusak atau Macet

Reboot Smartphone Android

Copyright©TheAndroidPortal

Cara pertama yang paling sederhana adalah dengan melakukan restart perangkat kalian untuk mengurangi kelebihan muatan RAM. Dengan begitu, Smartphone kalian akan kembali fresh dan siap untuk menjalankan aplikasi dengan lebih optimal.

Hentikan Aplikasi Secara Paksa

Copyright©WEB SEO – Blogger.com

Untuk cara selanjutnya bisa dengan menghentikan aplikasi secara paksa, sehingga aplikasi tidak akan terbuka di latar belakang layar terus. Caranya pun cukup mudah, yakni masuk ke menu ‘Pengaturan’ >> ‘Setelan Tambahan’ >> Manajemen Aplikasi dan cari aplikasi yang rusak, pilih aplikasi dan klik ‘Paksa Berhenti’.

Lakukan Pembaruan Pada Aplikasi

Copyright©Aluseuy.com

Jika kedua metode ini masih belum bisa membantu, maka kalian bisa cek informasi update aplikasi tersebut, jika ada pembaruan, langsung lakukan update tersebut, bisa jadi mampu mengatasi aplikasi yang rusak dan akan berjalan lebih lancar.

Hapus Data Aplikasi Android

Copyright©Espada Blog

Kemudian, belum juga sukses, maka kalian bisa hapus data aplikasi. Namun perlu diingat bahwa dengan menghapusnya, maka semua data dalam aplikasi akan hilang, seperti data login, basis data dan cache aplikasi. Caranya buka menu ‘Pengaturan’ >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> pilih aplikasi yang rusak >> Hapus Data.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki Aplikasi Android rusak yang bisa kalian terapkan dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : 6 Aplikasi Android dan iOS Paling Populer Untuk Instagram Stories!