Tips Agar Smartphone Terhindar Dari Malware Dan Penjahat Siber

0
175
Copyright©ibitimes.co.uk

Berikut Tips Agar Smartphone Tidak Terkena Malware

Eratekno.com – Di era perkembangan teknologi, kini banyak Smartphone yang muncul dibekali dengan kemampuan dan teknologi canggih yang dapat mempermudah kegiatan sehari-hari penggunanya. Smartphone sendiri seakan-akan menjadi salah satu barang yang harus dibawa kemana-mana dan menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki setiap individu.

Baca Juga : Lindungi Smartphone dengan Antivirus, Indonesia Rawan Malware Mobile !

Namun, penggunaan ponsel tidak searah dengan kepedulian terhadap keamanannya. Sehingga kerap sekali menjadi target penipuan dan penyadapan para hacker. Sebagaimana yang disampaikan oleh Yohanness Glen selaku VP ICT Security Management Telkomsel bahwa rendahnya kesadaran terhadap keamanan, dimanfaatkan oleh hacker untuk menyerang ponsel dengan menyebarkan malware. Sehingga pengguna ponsel lebih cenderung menjadi korban penipuan.

Membahas tentang keamanan dari malware, kali ini ada beberapa Tips Agar Smartphone Terhindar dari Malware dan penjahat siber untuk membantu mengamankan ponsel. Simak tips dari Glen berikut ini.

Tips Agar Smartphone Terhindar Dari Malware

Perbarui Software Dan Pasang Anti Virus

Copyright©bukareview

Untuk menghindari eksploitasi berbahaya, sebaiknya kalian selalu update software atau aplikasi. Kemudian, kalian juga bisa memasang anti virus atau malware untuk menghindari aplikasi-aplikasi jahat penyebar malware, dan saat ini pun sudah banyak aplikasi keamanan yang tersedia di Play Store maupun App Store. Sebagaimana yang disampaikan Glen bahwa, “Di Indonesia, kesadaran update software itu rendah, belum lagi ada yang melakukan jailbreak dan lainnya, sehingga jarang update. Yang gratis juga bisa digunakan dan tetap bisa mendeteksi malware,” tuturnya.

Jangan Sebarkan Password

Copyright©Baliberkarya.com

Selanjutnya, untuk terhindar dari malware atau virus, sebaiknya jangan pernah memberikan PIN atau password ke orang lain. Kalian juga bisa gunakan Password yang kuat dan jangan gunakan password yang mudah ditebak seperti 123456 atau 00000. Atau bisa manfaatkan fitur keamanan tambahan atau multi-factor Authentication untuk berbagai layanan online. Fitur keamanan tambahan ini bisa berupa OTP atau biometrik.

Nah, itulah Tips Agar Terhindar dari Malware yang bisa kalian terapkan sendiri dengan mudah dan selalu mengamankan ponsel dari para hacker dan pihak yang tidak bertanggung jawab. Semoga Bermanfaat!

Baca Juga : Waspada! Kaspersky Lab Temukan Malware KopiLuwak Yang Semakin Berbahaya