Tips Agar WhatsApp Tidak Menguras Memori dan Ram !

0
4739
Copyright©teknoKompas

Tips WhatsApp, Begini Caranya Agar Tidak Menguras Memori dan Ram !

Eratekno.com – Smartphone saat ini sudah dipermudah dengan berbagai macam aplikasi, apalagi untuk urusan chatting, sebut saja WhatsApp yang merupakan aplikasi pesan instan yang sudah terkenal di dunia ini.

Namun apa jadinya apabila aplikasi tersebut menumpuk data sehingga menguras memori internal dan juga RAM smartphone kita ? tentu saja akan membuat smartphone kita berat dan lemot, bisa juga hang dan lain-lain.

Baca Juga : Instagram Stories Akan Terintegrasi ke WhatsApp

Aplikasi WhatsApp merupakan aplikasi dari sekian banyak yang paling memakan ram cukup besar selain dari aplikasi Facebook dan juga dapat menghabiskan ruang memori internal android,

dikarenakan memiliki fitur yang mengunduh file gambar serta video secara otomatis. Hal tersebut dapat kita cegah agar kinerja dari smartphone androit kita tidak terganggu.

Berikut cara untuk masalah di atas dapat kita atasi dengan menonaktifkan auto media download dalam fitur aplikasi WhatsApp. Maka disetiap ada kiriman gambar ataupun video dari teman-teman WhatsApp tidak akan diunduh secara otomatis.

Ditambah kita juga dapat memilih file mana saja yang akan disimpan di memori internal. Disamping dapat menghemat memori internal dengan cara

menonaktifkan auto media download, ram dari smartphone kita juga bakal bertambah lega karena tidak melakukan kerja difitur auto media download tersebut.

Baca Juga : Pecah Rekor, WhatsApp Tembus 75 Miliar Pesan di Tahun Baru !

Berikut cara untuk menonaktifkan fitur auto media download.

  • Pertama buka WhatsApp lalu masuk ke Settings, kemudian pilh Chat Settings.
[email protected]
  • Pada Chat Setting, tap pada pilihan Media auto download lalu kita nonaktifkan semua tipe automatic media download yang sebelumnya aktif.
[email protected]
  • Nah sekarang untuk dapat menampilkan gambar serta video, maka harus didownload terlebih dahulu dengan cara manual. Tinggal pilih menggunakan paket data, Wi-Fi atau dengan cara mematikannya ketika roaming.

Berikut perbedaan pemakaian RAM

  • Sebelum menonaktifkan fitur auto media download
[email protected]
  • Sesudah menonaktifkan fitur auto media download
[email protected]

Terlihat perbedaannya bukan? Demikian tips agar aplikasi WhatsApp tidak memakan memori internal dan juga RAM, agar performa smartphone android tetep lancar. Selamat mencoba.

Baca Juga : Merasa Iri, Bos Telegram Tanyakan Kenapa WhatsApp Tak Diblokir ?