Tips Ampuh Atasi Smartphone Android Yang Mendadak ‘Blank’!

0
210
Copyright©Hindustan Times

3 Langkah Mudah Untuk Atasi Smartphone Android yang ‘Blank’

Eratekno.com – Seperti yang diketahui bersama, bahwa kebanyakan Smartphone Android sekarang hadir dengan tampilan layar sentuh untuk memudahkan pengguna dalam pengoperasian-nya. Namun, dengan perangkat seperti ini juga sangat rawan terjadi error, seperti layar ponsel yang tiba-tiba ‘Blank’ atau menampilkan layar putih saja dan semacamnya.

Baca Juga : Cara Rekam Percakapan Telepon di Smartphone Android Dengan Mudah!

Dalam kondisi error seperti ini, maka Smartphone juga akan kehilangan fungsi dan membuat perangkat tidak bisa dioperasikan. Kejadian seperti ini biasanya dikenal sebagai WSOD (White Screen of Death). Sebagian besar pengguna perangkat Android pasti pernah mengalami hal ini, namun beberapa diantara mereka belum mengetahui cara mengatasinya. Nah, kali ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Simak yuk!

3 Langkah Atasi Smartphone Android Yang Mendadak ‘Blank’

Lakukan Reboot

Copyright©youtube.com

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah melakukan reboot dengan cara menekan tombol daya pada Smartphone Android hingga perangkat mati. Namun jika tidak berhasil, maka bisa coba keluarkan baterai dan setelah beberapa saat pasang kembali. Jika sudah, maka aktifkan kembali perangkat kalian dan jika layar kembali normal serta berfungsi dengan baik, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Uninstall Aplikasi Yang Tidak Penting

Copyright©Mediababe.net

Setelah kalian melakukan reboot dan layar kembali normal, maka lanjutkan dengan melakukan uninstall pada aplikasi yang tidak penting agar meringankan penyimpanan. Untuk mencopot pemasangan aplikasi, kalian bisa masuk ke menu ‘Pengaturan’ >> Aplikasi Terinstall>> tap aplikasi yang hendak di uninstall, lalu ‘Copot pemasangan’.

Hapus Semua Data dan Cache

Copyright©Pugam

Langkah yang terakhir untuk menghindari masalah ‘White Screen of Death’ ini, kalian bisa menghapus semua data dan cache untuk mengatasinya. Caranya masuk ke menu ‘Pengaturan’, lalu tekan menu aplikasi dan manajer aplikasi, dimana pengguna akan mengetahui aplikasi lengkap yang telah diinstall. Dan kalian bisa klik aplikasi yang dipilih, lalu klik ‘Hapus data dan hapus cache’ dalam aplikasi tersebut agar kinerja Smartphone Android lebih optimal.

Nah, itulah 3 langkah mudah untuk mengatasi Smartphone Android yang mendadak blank atau layar menjadi putih dengan cepat. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Tips Maksimalkan Fitur Smartphone Android Pie, Biar Lebih Nyaman!