Tips Bikin Password HP Android Paling Kuat dari Pakar Sekuriti!

0
172
Copyright©Quota

Cara Bikin Password HP Android Paling Aman

Eratekno.com – Di era modern seperti saat ini hampir semua kegiatan yang dilakukan bisa dihandel melalui smartphone. Begitulah kecanggihan teknologi di saat ini. Namun disamping kecanggihan teknologi masa kini, anda harus menggunakan password rahasia untuk keamanan hp android anda.

Pastinya anda tidak ingin jika sesuatu yang ada dalam akun maupun smartphone anda diketahui oleh banyak orang. Oleh karena itu sebagai pengguna yang cerdas kita harus membuat password dengan sebaiknya, supaya tidak dijebol oleh hacker.

Baca juga: Sambut Hari Kemerdekaan, HP Android Rp 500 Ribuan Ini Jadi Rebutan!

Lantas seperti apa password yang aman itu? Etay Maor, selaku Executive Security Adviser di IBM Security mengatakan jika kata kunci rahasia sebuah hp android adalah gabungan dari angka, huru serta karakter yang rumit.

“Bahkan kalau panjangnya antara 8-10 karakter dan sangat kompleks, komputerpun masih bisa menebaknya dengan cepat.” Ungkap Maor seperti yang dikutip dari kompas.com.

Copyright©Quota

Disamping itu Maor lebih menyarankan kepada kita untuk membuat password berbentuk passphrase. Apa itu passphrase? Passphrase merupakan frasa sandi yang menggabungkan beberapa kata sekaligus dalam satu baris.

Baca juga: 5 HP Android Terbaru yang Rilis di Indonesia, Mana Pilihanmu?

Salah satu contoh seperti “saya ingin sekali berlibur ke maladewa”. Model password passphrase ini dinilai lebih aman daripada password hp android yang pendek dan menggunakan karakter anek didalamnya.

Supaya password lebih aman, anda juga bisa menggunakan kata-kata unik seperti satu contoh tadi. Atau anda juga bisa mencoba kata lain seperti “aku sangat suka dengan jus melon”. Kata-kata seperti itu memang terlihat sederhana akan tetapi sangat aman jika dijadikan kata kunci hp androidmu. Bahkan menurut Maor kata tersebut lebih sulit dipecahkan oleh pc sekalipun menggunakan teknik brute force.

Untuk kalimat password sebaiknya jangan menggunakan kata secara asal-asalan atau kutipan dari lirik lagu populer. Serta jangan lupa untuk menggunakan spasi diantara kata tersebut. Maor , juga mengungkapkan sekalipun password hp android tersebut bisa dibobol orang lain maka itu membutuhkan waktu yang cukup lama dan sulit untuk dipecahkan.

Tips membuat password hp android paling aman selanjutnya adalah hindari penggunaan password sama dalam akun yang berbeda. Ya, hal ini bertujuan supaya tidak semua akun bisa diakses oleh orang hacker.

Tidak hanya memberikan saran tentang cara membuat password hp android yang aman, rupanya Maor juga menyarankan untuk menggunakan aplikasi password manager untuk melakukan auto-fill pada akun akun online. Disamping itu, aplikasi tersebut rupanya juga sudah memiliki algoritma yang mampu memberikan saran kira-kira password yang seperti apa yang aman kita gunakan.

Baca juga: Punya Spesifikasi Keren Sih, Tapi 7 HP Android Xiaomi Ini Tak Layak Dibeli!