Tips Cegah Penipuan SMS Berkedok Hadiah, Biar Nggak Jadi Korban!

0
115
Copyright©Teknopein

Berikut Tips Cegah Penipuan SMS Yang Mengatasnamakan Operator Seluler

Eratekno.com – Di era perkembangan teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini, memudahkan semua orang dalam berkomunikasi hanya dengan sebuah ponsel genggam saja. Namun, dibalik kemajuan ini juga tersimpan bahaya yang bisa mengancam penggunanya, seperti penipuan, dan bahaya lainnya. Modus penipuan melalui SMS sendiri sampai sekarang masih kerap terjadi, mulai dari SMS berkedok hadiah hingga permintaan uang ke rekening tertentu.

Baca Juga : Teknik Baru Ini, Mampu Hentikan Penipuan di Facebook !

Parahnya lagi, dengan munculnya modus penipuan semacam ini masih banyak masyarakat yang menjadi korban dan menuruti semua permintaan tersebut. Adapun modus yang sering digunakan adalah SMS yang berisi informasi bahwa kamu menjadi pemenang undian tertentu, dan biasanya penipuan semacam ini juga akan mengatasnamakan operator seluler yang digunakan korban.

Copyright©prosms.eu

Nah, kalian tentu tidak ingin menjadi korban selanjutnya bukan? Untuk itu, sebaiknya kalian simak nih, berikut ini Tips Cegah Penipuan SMS Berkedok Hadiah yang perlu kalian terapkan.

Tips Cegah Penipuan SMS Berkedok Hadiah

Cek SMS

Copyright©istimewa

Langkah awal yang perlu kalian lakukan untuk mengetahui bahwa SMS itu palsu adalah dengan mengecek nomor yang digunakan. Meskipun di dalamnya mencatat nama operator, tetapi terkadang pelaku sebenarnya menggunakan nomor umum yang banyak digunakan oleh konsumen. Padahal, untuk informasi semacam ini, operator sering menggunakan nomor tertentu.

Perhatikan Bahasa SMS

Copyright©tulisan-ringan.com

Selain itu, kalian juga bisa memperhatikan tata bahasa yang digunakan, banyak pesan singkat yang berisi penipuan telah menggunakan tata bahasa yang berantakan. Bukan hanya itu, biasanya pelaku modus juga akan memanfaatkan situs blog gratis, jadi jika mengetahui bahwa situs itu gratis dan tampak kurang meyakinkan, maka kemungkinan situs itu palsu.

Jangan Diladeni Atau Laporkan

Copyright©rayanet.web.id

Dan Tips Cegah Penipuan SMS yang terakhir adalah jangan menggubris SMS berisi permintaan yang masuk ke kotak masuk kalian. Tips yang terakhir ini bisa menjadi andalan, karena bukan hanya mencegah menjadi korban penipuan, tetapi kalian bisa melaporkan-nya ke tiap-tiap operator terkait. Sementara untuk modus penipuan yang meminta uang, maka laporkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan cara menghubungi kontak OJK di nomor 1-500-655 atau bisa melalui email [email protected] dengan melampirkan schreenshot SMS yang kalian terima.

Nah, itulah Tips Cegah Penipuan SMS Berkedok Hadiah yang bisa kalian gunakan agar tidak menjadi korban penipuan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Cara Mencegah Spam di WhatsApp