Tips Kontrol Keamanan dan Privasi WhatsApp Agar Tidak Diakses Orang Lain!

0
351
Copyright©SpiritNews.Co

5 Tips Kontrol Keamanan dan Privasi WhatsApp

Eratekno.com – Aplikasi pesan instan WhatsApp memang menjadi salah satu layanan paling populer dan digemari banyak orang, lantaran menyediakan berbagai macam fitur menarik yang bisa memudahkan pengguna dalam berkomunikasi. Layanan per-pesanan ini sendiri diketahui memiliki lebih dari 1.5 milliar pengguna aktif secara global, jadi tak heran jika masalah privasi dan keamanan pesan pengguna diutamakan.

Baca Juga : Belum Tahu? Inilah 5 Fitur Baru WhatsApp Yang Akan Segera Dirilis!

Namun, WhatsApp sendiri telah mengatakan bahwa platform-nya ini akan melindungi privasi penggunanya dengan enkripsi end-to-end, jadi semua pesan yang ada hanya bisa dilihat oleh si pengirim dan penerima saja, sementara pihak ketiga termasuk pihak WhatsApp tidak akan bisa mengakses-nya. Untuk mengamankan privasi, ada beberapa fitur yang bisa digunakan untuk mengontrol keamanan pesan pengguna. Penasaran? Langsung saja simak nih, berikut tips kontrol keamanan dan privasi WhatsApp.

5 Tips Kontrol Keamanan dan Privasi WhatsApp

Atur Privasi

Copyright©kompas

Untuk mengamankan privasi, kalian bisa atur laporan pesan yang telah dibaca, last seen, informasi profil dan foto profil dengan masuk ke menu tiga titik pojok kanan atas dan pilih menu Settings >> Account >> Privacy. Untuk membuat semua opsi tidak terlihat, maka kalian bisa memilih opsi tidak ada pada beberapa pilihan yang tertera.

Atur Pembaruan Status

Selain privasi, pengguna juga bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat pembaruan status dengan cara masuk ke tab Status dan klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih Privasi Status >> Hanya Berbagi Dengan Beberapa Kontak Tertentu. Disini kalian bisa mengatur kontak mana saja yang akan melihat status kalian.

Blokir Kontak Tertentu

Fitur ini bisa membantu kalian agar tidak dihubungi oleh kontak yang menyebalkan atau tidak diinginkan, caranya masuk ke menu opsi ‘blokir kontak’, klik ikon kontak di pojok kanan atas untuk memilih kontak mana saja yang akan diblokir.

Autentikasi Dua Langkah

Copyright©kompas

Kalian bisa lakukan autentikasi dua langkah dengan cara masuk ke menu tiga titik yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih Settings >> Account >> ‘Two-step Verification’ dan masukkan enam digit untuk mengamankan.

Minta Info Akun

Copyright©kompas

Dan yang terakhir adalah dengan meminta info akun ke WhatsApp dengan cara masuk ke menu Settings >> Account >> Request Account info >> request report. Kemudian, WhatsApp akan memberitahukan bahwa laporan baru bisa diterima selang tiga hari setelah melakukan permintaan.

Nah, itulah beberapa tips mengamankan privasi WhatsApp yang bisa kalian lakukan dengan mudah hanya dengan memanfaatkan fitur yang ada. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Cara Hentikan Download File Otomatis di WhatsApp, Lebih Hemat Kuota!