Tips Sederhana Agar Baterai Smartphone Android Super irit!

0
550
Copyright©Infokomputer

Tips Agar Baterai Smartphone Android irit

Eratekno.com – Seperti yang kita ketahui, jika setahun belakangan ini Google gencar sekali merilis sebuah fitur Dark Mode untuk layanannya. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa mengganti background berwarna hitam atau gelap.

Dirilisnya fitur ini bukannya tanpa alasan, ternyata mode gelap ini sangat berguna untuk membuat baterai Smartphone Android jadi lebih irit lagi nantinya. Wah benarkah demikian?

Baca juga: Daftar Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun Gratis di Android

Hal ini disampaikan langsung oleh pihak Google dalam sebuah acara bertajuk Android Dev Summit 2018 di Amerika Serikat pada pekan lalu. Pihak Google mengatakan, jika daya tahan dari baterai Smartphone Android ini juga bisa dipengaruhi oleh kecerahan warna latar yang digunakan pengguna.

Copyright©Infokomputer

Dengan menggunakan mode gelap ini, maka bisa mengurangi tingkat kecerahan layar dengan mengganti warna latar belakang yang awalnya putih menjadi gelap. Dengan menerapkan hal ini, maka konsumsi daya baterai Smartphone Android juga bakal berkurang secara signifikan.

Baca juga: Miliki Harga Murah, Ternyata inilah Kelemahan Realme C1

Terlebih, mode gelap ini diterapkan pada ponsel android yang menggunakan panel AMOLED. Dimana panel ini dikenal memang hemat dalam konsumsi daya baterai lebih besar lagi jika menerapkan mode gelap tersebut.

Dikutip dari Slashgear, dalam pemarannya kemarin Google telah menampilkan sebuah grafik yang isinya perbandingan antara menggunakan aplikasi Youtube di Smartphone Android dalam mode gelap dan normal.

 Hasilnya, perangkat yang menggunakan mode gelap dengan tingkat kecerahan 50% mampu membuat 14% lebih irit dibandingkan mode biasa. Sementara Smartphone Android yang menggunakan mode gelap aktif 100% membuat konsumsi daya baterai lebih irit hingga 60% persen.

Selain mengirit konsumsi daya baterai, mode gelap di Smartphone Android ini juga sangat baik untuk kesehatan. Dimana mata pengguna tidak akan cepat lelah saat menggunakan gadget nantinya. jadi intinya, dengan menerapkan mode gelap ini akan membuat konsumsi baterai jadi super irit nantinya dibandingkan menggunakan warna cerah.

Baca juga: Resmi Dirilis, Inilah Spesifikasi Samsung Galaxy J4 Core