Uninstall Sekarang 8 Aplikasi Android Ini Atau Bahaya Ini Ancam Smartphone-mu !

990
Copyright©Liputan6

Daftar 8 Aplikasi Android Berbahaya di Google Play Store !

Eratekno.comHingga awal tahun 2020 ini sudah tak terhitung lagi banyaknya aplikasi Android yang ternyata mengandung malware yang berbahaya untuk smartphone. Dan baru-baru ini, tim peneliti keamanan dari perusahaan Check Point menemukan dua jenis malware yang menginfeksi sejumlah aplikasi di Google Play Store.

Adapun jenis malware baru ini bernama Haken, sedangkan yang lainnya adalah Joker beberapa waktu yang lalu sempat bikin heboh para pengguna HP Android. Kedua jenis malware ini termasuk ke dalam kategori “clicker” yang berarti mereka mampu mengambil alih perangkat dan tanpa diketahui pengguna meniru aktifitas mengklik pada saat muncul iklan.

Selain itu, aplikasi Android semacam ini bisa mengakses dan mencuri sejumlah data penting, termasuk apapun yang di tampilkan pada layar atau tersimpan di dalam ponsel.

Baca juga : Stop Lakukan ! Cara Ini Ternyata Bikin Grup WhatsApp-mu Bisa Diobrak-obrik Hakcer !

Tak hanya curi data pribadi, malware ini juga bisa mendaftarkan korbannya untuk berlangganan premium tanpa persetujuan pengguna, seperti dilansir dari Digital Trends, Senin (24/02/20).

Berdasarkan para peniliti keamanan. Aplikasi Android yang terinfeksi malware ini terlihat seperti aplikasi biasanya di Google Play Store. Mereka menyamar diri sebagai aplikasi kamera dan beberapa ditujukan untuk anak-anak yang memang bellum mampu  mengindentifikasi tanda aplikasi tersebut berbahaya.

Nah berikut ini lho 8 aplikasi Android yang sebaiknya kamu hapus dari ponsel kamu sekarang jika kamu terlanjur mengunduhnya.

Copyright©Suara.com

Baca juga : Mengandung Adware, Ratusan Aplikasi Android ini Dicekal Dari Play Store!

  • Kids Coloring
  • Compass
  • qrcode
  • Fruits coloring book
  • Soccer coloring book
  • Fruit jump tower
  • Ball number shooter
  • Inongdan

Yang lebih parahnya lagi, 8 aplikasi Android berbahaya ini telah di install lebih dari 50.000 HP Android. Namun, jika dibandingkan pengguna Android secara global, jumlah ini memang tak besar. Tapi, saat dipertimbangkan dalam konteks betapa umumnya malware muncul di Play store, angka ini cukup mengkhawatirkan.

Pada September tahun lalu saja ditemukan 25 aplikasi Android berbahaya dengan total lebih dari 2juta kali di diunduh. Lalu pada Oktober ada 42 aplikasi berbahaya sudah didownload lebih dari 8juta kali. Untungnya 8 aplikasi Android berbahaya diatas telah dihapus dari Play Store.

Meski begitu, kamu harus tetap berhati-hari sebelumnya mengunduh aplikasi ke HP Android kamu.

Baca juga : Aktifkan Sekarang ! Fitur Ini Bisa Selamatkan HP Android dari Miliaran Aplikasi Berbahaya !