Viral Akun Facebook di Kloning, ini Fakta Sebenarnya!

0
84
Copyright©Daily Express

Pemberitahuan Akun Facebook di Kloning Dari Email

Eratekno.com – Sejumlah pengguna akun Facebook belakangan ini mengakui, jika mereka menjadi korban penipuan mengenai sebuah pesan yang menyatakan jika akun Facebook mereka telah dikloning.

Kabar yang menghebohkan ini puncaknya pada hari Minggu (7 Oktober 2018), dimana pesan ini masuk melalui email para pengguna Facebook. Dikutip dari laman Viva, isi pesan tersebut menyatakan jika pengirim telah menerima permintaan pertemanan dari duplikat di penerima pesan.

Baca juga: 5 Fitur Baru Segera Dirilis, Whatsapp Malah Kena Protes!

Dan bahkan, ia jua meminta pada penerima email tersebut untuk meneruskan pesan ini kepada teman-teman mereka. Banyak yang percaya mengenai pesan tersebut, hingga akhirnya korban pun meneruskan pesan itu ke teman-teman Facebook mereka.

Copyright©Daily Express

Setelah itu, para pengguna Facebook pun melaporkan kejadian yang mereka alami di Twitter. Ada pula netizen lain yang mengingatkan jika pesan tersebut adalah Hoax dan tak perlu untuk diteruskan lagi ke pengguna lain.

Baca juga: Mencengangkan, Inilah Fakta Menarik Mobile Legends yang Perlu Diketahui!

Modus dari aksi penipuan cloning akun Facebook ini berharap para penerima pesan berfikir jika ia menjadi korban. Setelah berhasil menyebarkan ke teman korban, para pelaku pun bakal mempelajari informasi personal mengenai profil pengguna yang di kloning, atau unutuk menyebarkan pesan scam tersebut.

Sebenarnya, kasus hoax kloning akun Facebook ini pernah terjadi pada tahun 2016 lalu. Namun pejabat Facebook pun mengatakan jika pesan viral ini tidak benar. Selain itu, kasus ini juga tak ada kaitannya penyalahgunaan data Facebook yang telah ramai pada September kemarin.

Banyak pengguna yang menyatakan rasa kecewa mereka karena menerima puluhan pesan palsu tersebut jika akun Facebook mereka telah diretas. Nah jika kebetulan anda menjadi salah satu korban atau orang yang menerima pesan tersebut, maka jangan diteruskan atau dihapus saja. Dan jika anda khawatir menjadi korban kloning, maka bisa langsung cari akun tersebut dan laporkan ke Facebook.

Baca juga: Marak Peretasan, Begini Cara Mudah Amankan Akun Facebook Anda!