Waduh, Akun WhatsApp di Smartphone Ini Rentan di Bobol Hacker?

0
190
Copyright©techEngage

WhatsApp di iPhone Bisa Dibobol Hacker

Eratekno.comWhatsApp menjadi sebuah aplikasi pesan instant yang paling populer dan banyak digunakan oleh masyarakat luas saat ini, maka tidak heran jika membuatnya menjadi sasaran kejahatan cyber yang banyak berkeliaran saat ini.

WhatsApp ini tidak hanya bisa digunakan pada smartphone berbasis Android saja, namun perangkat iPhone dengan OS iOS juga bisa mengaksesnya. Perlu diketahui, jika mengunjungi sebuah website dengan perangkat iPhone ini membuatnya sangat mudah untuk dibobol. Tidak hanya itu, menurut peneliti dari Google, para hacket ini juga bisa mengakses pesan terenkripsi sekalipun di iPhone.

Baca juga: Dapat Pesan Penipuan ? Berikut Ini Cara Melacak Lokasi Penipu Lewat Nomor WhatsApp !

Itu artinya, pesan instant yang ada dalam aplikasi WhatsApp, Telegram, hingga iMessage yang menggunakan keamanan berbasis enkripsi masih bisa tembus oleh para hacker tersebut.

Copyright©techEngage

Perlu di ingakan, jika iOS ini sangat rentan disusupi oleh malware tersembunyi yang mampu membuka enkripsi seperti didalam WhatsApp, menguasai sistem operasi, dan bahkan mencuri semua yang ada didalamnya.

Baca juga: Keren, Kini Pesat Tiket Pesawat Bisa Via WhatsApp!

Peneliti Google bernama Ian Beer menjelaskan tentang Implan Monitor yang telah dipasang para hacker didalam perangkat iPhone. Ia mengatakan, jika Implan ini mampu mengakses seluruh database file pada iPhone korban, termasuk sejumlah aplikasi yang menggunakan enkripsi didalamnya.

“Database terdiri dari pesan teks yang tidak terenkripsi dikirim dan diterima lewat aplikasi seperti WhatsApp dan lain-lain,” kata Ian Beer dikutip dari laman Liputan 6.

Selain WhatsApp, Implan ini juga mampu membobol layanan Gmail, Google Hangouts, hingga galeri foto korban. Bahkan para hacker ini juga bisa mengatahui lokasi dari para korban juga lho.

Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini? Ian Beer menyarankan agar pengguna iPhone segera melakukan update sistem operasi iOS miliknya secepatnya untuk membersihkan malware tersebut.

Baca juga: Jarang Diketahui, Berikut Ini Cara Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan !