Waduh, Puluhan Juta Akun Facebook Dibobol, Cek Punyamu!

0
475
Copyright©Dabang Tricks

Akun Facebook Diretas Karena Ada Bug Didalamnya

Eratekno.com – Beberapa waktu lalu, kasus pencurian data Facebook yang dilakukan firma analis Cambridge Analytica tentu masih membekas di ingatan. Namun baru-baru ini, muncul insiden baru yang tak jauh beda dengan kasus kemarin.

Dilaporkan, jika ada sekitar 50 juta akun Facebook telah sukses diretas oleh Oknum yang tidak bertanggung jawab. Dan pihak Facebook mengatakan jika mereka baru saja mengetahui hal ini pada hari Selasa, (25/09/18) kemarin.

Baca juga: Cara Merubah Nama Akun Facebook Unik Dengan Cepat!

Hal tersebut diumumkan langsung oleh Guy Rosen selaku Vice President of Product Management Facebook melalui blog resmi dari sosial media tersebut pada tanggal (28/9/18) kemarin.

Copyright©Dabang Tricks

“Tim engineer kami menemukan isu keamanan yang berdampak pada 50 juta akun. Kami menanggapi ini dengan serius dan ingin semua orang tahu apa yang terjadi. Kami juga mengambil tindakan cepat untuk melindungi keamanan,” kata Guy dikutip dari laman Kompastekno.

Baca juga: Saat Facebook Ditinggal Pengguna, Sosial Media Ini Bernasib Sebaliknya!

Menurutnya, peretasan tersebut melalui eksploitasi tiga bug yang ada didalam Facebook sejak tahun 2017 kemarin. Yang pertama kali ditemukan adalah celah dalam ‘View As’ yakni sebuah fitur privasi untuk melihat foto profil mereka dimata pengguna lain.

Nah dari celah yang ada dalam fitur tersebut, mengakibatkan pelaku mencuri token akses guna menguasai akun pengguna Facebook. Nah token akses tersebut sifatnya mirip kunci digital yang berfungsi untuk menjaga pengguna pada saat logged in, sehingga mereka nanti tak perlu melakukan login lagi.

Lalu celah kedua Facebook yang dibobol adalah tool untuk mengunggah video dalam Facebook yang merupakan tindak lanjut dari celah pertama tadi. Nah karena celah tersebut, maka pengguna pun terdorong untuk mengunggah video ulang tahun padahal mereka dalam kondisi View As. Padahal pengguna harusnya tak bisa melakukan apapun dalam kondisi tersebut.

Nah untuk solusinya, Facebook telah melakukan reset token akses pada 90 juta akun yang ada didalam platform mereka, yakni 50 juta akun yang terdampak, dan 40 juta akun yang rentan.

Baca juga: Waduh, Pendiri WhatsApp Mengaku Jual Data Pengguna kepada Facebook!