Wajib Baca! Cara Mudah Membersihkan Layar Laptop atau LCD Yang Benar !

0
534
[email protected]

Tips Mudah Membersihkan Layar Laptop atau LCD Yang Benar !

Eratekno.com – Memang tak bisa dihindari lagi jika layar laptop merupakan sarang debu serta partikel kecil yang berasal dari manapun, entah itu makanan ataupun kotoran yang kecil lainnya. Dimana kotoran-kotoran tersebut yang menumpuk dengan seringnya kita membuka layar laptop.

Sebab LCD merupakan komponen paling mahal serta perangkat yang penting dari sebuah laptop. Layar laptop atau LCD sangatlan sensitif terhadap sidik jari, atau debu sehingga hal tersebut dapat membuat kotor layar laptop atau LCD anda.

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini Dia Cara Ampuh Mencegah Baterai Smartphone Jebol

Lantas bagaimana cara membersihkan layar laptop atau LCD ? berikut ini beberapa cara mudah membersihkan layar laptop atau LCD.

Pertama

Layar LCD merupakan benda yang sangat sensitiv, hindari tekanan pada layar laptop atau LCD dengan tangan anda

Kedua

[email protected]

Gunakan kain yang lembut, saputangan katun misalnya. Namun jangan menggunakan kertas tisu gulungan toilet atau handuk mandi, sebab dapat menggores layar LCD.

Ketiga

Siapkan bahan untuk membersihkan layar laptop atau LCD selain kain untuk mengelap. Anda akan memerlukan air suling dan cuka. Jangan menggunakan air keran atau air mineral sebab dapat meninggalkan bekas putih pada layar atau LCD.

Baca Juga : Mudah Banget! Begini Cara Melihat Spesifikasi Laptop Secara Lengkap

Keempat

Campurkan cuka dengan air suling (1:1) kemudian semprotkan cairan ini pada kain lap. Perlu diingat, janganlah menyemprotkan langsung cairan ke layar LCD. Namun basahi kain dengan larutant tersebut secukupnya lalu gosok layar LCD dengan lembut satu arah.

Inilah yang tidak boleh dilakukan saat membersihkan layar laptop

Jangan sekali-kali menyemprotkan cairan secara langsung pembersih ke layar atau LCD, sebab layar datar LCD yang terbuat dari laposan bahan kaca, plastik, array elemen, perekat, tampilan yang sangat halus dan tipis. Apabila anda menggunakan cairan pembersih.

Jangan menggunakan cairan pembersih yang berbahan alkohol atau amonia, sebab hal tersebut berpotensi merusak lapisan pada anti reflective layar laptop atau LCD anda. Hal ini menyebabkan layar menjadi kabur serta kehilangan ketajamannya.

Baca Juga : Wajib Coba! Ini Nih 5 Cara Tingkatkan Sinyal WiFi Lemot di Smartphone