Wajib Dicoba, Cara Melindungi Smartphone Android dari ‘Aplikasi Tuyul’!

0
731
Copyright©Telset

Cara Lindungi Smartphone Android dari ‘Aplikasi Tuyul’

Eratekno.com – Istilah Aplikasi ‘Tuyul’ memang biasa menyusup didalam Google Play Store, dimana aplikasi ini sangat pandai dalam menyembunyikan malware didalamnya. Kenapa disebut Aplikasi tuyul? Karena aplikasi semacam ini diam-diam menyedot kuota internet dan baterai dalam smartphone android jadi makin boros nantinya.

Menurut seorang pengamat gadget bernama Lucky Sebastian, bagaimana cara kerja aplikasi Tuyul ini ialah ketika pertama kali tiba di Play Store, aplikasi ini sangat aman tanpa adanya malware. Dan malware ini mulai dimasukkan pada saat update terbaru diluncurkan oleh developer.

Baca juga:  Buruan Beli, 3 HP Android Samsung Dapat Potongan Harga Makin Murah!

Dengan menggunakan trik tersebut, maka banyak sekali aplikasi yang mengandung malware bebas melenggang di Play Store dan akhirnya aplikasi tuyul ini pun mulai menjahili para pengguna smartphone android nantinya.

Copyright©Inet.Detik

Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini? minimal bisa mencegah malware tersebut bisa masuk kedalam smartphone android kita nantinya. Terkait hal tersebut, sebenarnya ada perlindungan dari Google yang bisa diaktifkan pengguna nantinya.

Baca juga:  Dikoreksi, Harga 3 HP Android Realme ini Dipangkas Jadi Makin Murah!

“Google punya perlindungan yang namanya Play Protect. Cara mengaktifkan dan mematikannya, buka aplikasi Play Store, tap menu, lalu Play Protect,” ujar Lucky dikutip dari Inet.detik.

Setelah itu, kalian aktifkan pada bagian menu ‘Scan device for security threats’ dan ‘improve harmful app detection’ hingga berwarna hijau. Dengan melakukan hal ini, maka Google bakal secara berkala melakukan scan terhadap beragam aplikasi yang di install kedalam Smartphone Android kita nanti, dan bahkan Google bisa saja menghapus aplikasi yang dinilai berbahaya.

Meskipun begitu, Lucky juga menambahkan jika celah keamanan pasti bakal selalu ada. Maka dari itu, penting bagi pengguna Smartphone Android untuk selalu melakukan update fitur keamanan didalam perangkatnya. Selain itu, Lucky juga menyarankan pengguna untuk selalu membaca review terlebih dahulu sebelum menginstall sebuah aplikasi baru kedalam smartphone nanti.

Baca juga:  Punya Kamera Selfie Terbaik, 3 HP Android Ini Harganya Cukup Terjangkau!