Wajib Tahu ! Ini Dia Beberapa Tips Agar Tak Jadi Korban Hoax di WhatsApp !

0
351
Copyright©Kompasiana

Lagi Ramai Hoax, Berikut Ini Tips Agar Tak Jadi Korban Hoax di WhatsApp !

Eratekno.comBelakangan ini penyebaran berita palsu atau hoax kian sulit untuk di kendalikan seiring dengan berkembangan teknologi yang semakin cepat. Banyak media sosial dan aplikasi chatting yang di gunakan oleh pihak tak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita bohong, contohnya WhatsApp, Facebook dan Instagram.

Apalagi di Indonesia sendiri, di tahun politik ini penyebaran berita hoax ini semakin marak dan meresahkan masyarakat. Oleh sebab itu berikut ini beberapa tips agar tak menjadi korban hoax di lansir dari detikNET. Apa saja itu?

Baca juga : Sebelum Fatal, Berikut Ini Cara Mengatasi Smartphone Android yang Kecemplung Air !

Lihat Keanehan di Berita

Berita palsu biasanya memiliki judul yang bombastis agar terlihat menarik dan mengejutnya. Isinya pun menggunakan bahasa yang provokatif dan memanfaatkan isu-isu yang tengah booming, isu SARA, tokoh-tokoh terkenal, instansi pemerintah maupun swasta.

Perhatikan Sumber Berita

[email protected]

Sebelum menyebarkan berita melalui WhatsApp, pastikan dulu berita tersebut ditulis oleh media atau sumber yang memiliki reputasi dan akurasi yang baik serta telah terverifikasi oleh dewan pers. Jika berita tersebut berasal dari organisasi yang tidak di kenal dan media yang belum terverifikasi oleh dewan pers, ada kemungkinan berita tersebut berisi hoax.

Periksa Tanggalnya

Berita hoax biasanya tidak menyertakan tanggal kejadian yang bisa di verifikasi oleh pengguna. Ada juga berita yang tanggal peristiwanya sudah di ubah.

Periksa Bukti Pendukungnya

Periksalah sumber informasi yang di gunakan oleh penulis berita tersebut untuk mengetahui akurasinya. Kurangnya bukti atau di gunakannya ahli yang tidak di sebutkan namanya bisa mengindikasikan berita tersebut merupakan hoax.

Baca juga : Tanpa Ketahuan, Gini Cara Sadap WhatsApp Pacar Dari Jarak Jauh!

Lihat Laporan lainnya

Sebelum mempercayai dan meneruskan sebuah cerita yang di kirim melalui WhatsApp baiknya periksa terlebih dulu ke situs terpercaya. Bila tidak ada sumber berita lainnya yang melaporkan berita yang sama, hal tersebut bisa mengindikasikan bahwa berita tersebut palsu. Jika berita tersebut di laporkan oleh beberpa sumber terpercaya maka kemungkinan berita tersebut valid.

Nah itulah tadi beberapa tips agar tak menjadi korban hoax, khususnya di media sosial seperti WhatsApp, Facebook dan Instagram yang memang rentan di gunakan sebagai alat penyebaran hoax.

Baca juga : Mau Jadi Gamer Profesional? Ini Nih 5 Tips Gitu untuk Menangkan Permainan PUBG Mobile !