Wajib Tahu! Ini Dia Tips Menghindari Kejahatan Phishing Biar Nggak Ketipu!

0
212
Copyright©Amalan

Biar Nggak Ketipu, Berikut Ini Tips Menghindari Kejahatan Phishing !

Eratekno.comSeiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, tingkat kejahatan cyber yang tersebar di internet pun kini semakin banyak. Karena minimnya pengetahuan yang di miliki, tak jarang membuat sebagian pengguna internet menjadi korban dari kejahatan cyber ini.

Salah satu yang paling banyak di temui adalah phishing .

Phising sendiri merupakan sebuah metode penipuan untuk mencuri informasi penting seperti password media sosial atau lebih parah lagi kartu kredit korbannya melalui medium email.

Baca juga : Anti Ribet, Cara Download Video YouTube di Hp Android Tanpa Aplikasi!

Copyright©Jalantikus

Biasanya mereka akan menyamar sebagai seorang atau perusahaan terpercaya dengan mengirimkan email kepada korbannya agar mengklik link palus yang telah di sisipkan di dalamnya. Melalui tindakan ini pelaku bisa mengambil keuntungan bahkan tanpa adanya modal dan usaha yang di lakukan.

Istilah phishing sendiri berasal dari bahasa Inggris yang artinya memancing yang dalam hal ini berarti memancing informasi penting dari pengguna.

Metode Phishing ini pertama kali di gunakan sekitar tahun 1996 dimana pada kala itu para hacker mulai mencuri akun-akun pengguna AOL (American On-Line) dengan cara mengirimkan email yang seolah-olah di kirimkan dari AOL.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi yang makin canggih ini, para pelaku penipuan dengan metode phishing ini tidak hanya memanfaatkan email untuk menipu korban melaikan juga lewat iklan atau media sosial lho.

Lantas bagaimana cara untuk menghindari kejahatan cyber yang satu ini? tenang, jangan khawatir berikut ini beberapa tips untuk menghindari phishing biar kamu nggak jadi korban, simak yuk.

Baca juga : Sebelum Fatal, Berikut Ini Cara Mengatasi Smartphone Android yang Kecemplung Air !