Warning ! Malware Ini Masih Kebal Meski HP Android Telah di Factory Reset !

250
malware
copyright©klikmania

Awas ! Meski Sudah Direset, Malware di HP Android Ini Tetap Kebal !

Eratekno.comSelain aplikasi pesan instan WhatsApp yang keamanannya tengah menjadi sorotan banyak pihak, celah keamanan di HP Android juga tengah menjadi perhatian banyak orang. Terlebih lagi kini smartphone berbasis Android punya banyak sekali pengguna di seluruh penjuru dunia.

Belum lama ini perusahaan keamanan Siber bernama Malwarebytes berhasil menemukan malware pada HP Android yang sangat berbahaya. Bahkan malware ini kebal meski smartphone Android sudah di kembali pada setelan ulang pabrik alias factory reset.

Malware ini bernama xHelper yang hanya menyerang HP Android saja dan xHelper ini pertama kali di temukan oleh Malwarebytes pada akhir tahun 2019 lalu. Mereka juga menerima laporan pada Januari 2020 dari korban yang sudah mencoba me-reset smartphone mereka, tapi tak berpengaruh karena xHelper masih bersemayam di ponsel mereka.

Baca juga : Sudah Ditunggu, HP Android Kamera 108MP Ini Siap Masuk Indonesia Pekan Ini !

Situs berita Giz China melaporkan, didistribusikan terutama pada smartphone Android di AS, xHelper berfungsi seperti pintu belakang yang mampu menerima perintah jarak jauh dan menginstal aplikasi lain pada perangkat yang terinfeksi.

Untuk menghilangkan malware xHelper ini, korban menghapus dua varian malware tapi malware itu kembali dalam satu jam sehingga dia memutuskan untuk melakukan factory reset dari HP Android meski pada akhirnya cara tersebut juga tak berhasil.

Copyright©Nawala Karsa

Setelah menerima laporan dari korban tersebut, peneliti di Malwarebytes akhirnya menyelidiki kasus ini dah berhasil mengidentifikasi sumber infeksi berulang ini. Dari hasil tersebut, para peniliti akhirnya menemukan folder di telepon yang berisi file mencurgikan.

Baca juga : Beli Sekarang, HP Android 4 Kamera Belakang Terbaik Ini Harganya Dipangkas Jadi Lebih Murah !

Tim juga menemukan APK com.mufc.umbtts directory. APK ini yang kemudian menginstal xHelper pada ponsel secara otomatis tanpa diketahui pemilik HP Android tersebut.

APK yang dipermasalahkan bukanlah kuda Troya, tapi “penetes” yang namanya Android/Trojan.Dropper.xHelper. VRW. APK memasang varian xHelper di smartphone, yang dapat dipicu secara tidak sengaja oleh elemen Google Play. Jadi malware ini masih misteri.

Nah untuk menghilangkan malware, pengguna HP Android perlu menghapus beberapa direktori dan file. Yang perlu di ingat, korban juga harus menonaktifkan Google Play terlebih dahulu. File yang di pertanyakan berbeda dari satu perangkat ke perangkat lainnya yang membuatnya sulit untuk di identifikasi dan menghapusnya.

Baca juga : Ada Sinyal HP Android dengan Snapdragon 865 Ini Segera Masuk Indonesia, Kapan?