Waspada! Inilah Bahaya Akses Aplikasi Android Yang Perlu Diketahui

0
984
copyright©

Berikut Bahaya Akses Aplikasi Android, Jangan Sembarangan Beri Izin Akses di Smartphone

Eratekno.com – Bagi sejumlah pengguna smartphone Android tentunya tidak akan menyia-nyiakan untuk menjajal keseruan yang ditawarkan lewat aplikasi yang ada. Apalagi kamu yang memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar, pastinya kamu akan memasang banyak aplikasi untuk digunakan dalam keseharian.

Namun, untuk menginstall aplikasi juga harus mendapatkan izin alias App Permissions untuk mendapatkan akses berbagai hal yang ada di smartphone. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa jangan sembarangan memberikan semua akses tersebut. Karena perlu kalian ketahui bahwa ada juga Bahaya Akses Aplikasi Android yang perlu diketahui.

Perhatikan Bahaya Akses Aplikasi Android Berikut Ini yang Wajib Kamu Tahu

Baca Juga : Awas,, 5 Risiko Berbahaya Pakai Smartphone dengan Layar Retak !

  1. Kamera
copyright©jalantikus

Dengan memberikan akses kamera, hacker akan mulai mengambil gambar pengguna sehingga akan bahaya jika foto atau gambar kita diedit yang gak jelas dan disebarkan ke public. Memang banyak aplikasi seru yang harus mengakses kamera tetapi bagi kalian para pengguna juga harus waspada untuk hal ini.

  1. Mikrofon
copyright©phonedoctor

Yang salah satu ini hampir mirip dengan kamera, aplikasi yang memiliki akses audio ini malah memiliki kerawanan untuk disadap. Apalagi sekarang ini sudah banyak aplikasi jahat yang memiliki tujuan untuk menyadap orang lain. Sehingga, kamu harus waspada jika ada aplikasi yang tidak berhubungan dengan suara tetapi meminta akses suara, hal ini wajib dicurigai.

  1. Kontak
copyright©ayodibaca.com

Mengakses kontak memang wajar untuk aplikasi perpesanan tetap kalian juga perlu perhatikan aplikasi perpesanan yang mencurigakan karena bisa menyalahgunakan kontak yang ada dalam smartphone kamu setelah kamu memberikan izin untuk akses.

Baca Juga : Sering Bawa HP Ke Kamar Mandi, Ini Bahayanya!

  1. Lokasi
copyright©infospesial

Hampir semua aplikasi kini meminta izin dari penggunanya untuk mengakses keberadaan smartphone mereka. Dari sisi lain akses ini memang memiliki fungsi penting tetapi di sisi lain juga mengharuskan kalian untuk waspada. Karena bisa jadi dengan menggunakan akses ini bisa menjadikan kamu korban penculikan bahkan tindakan criminal karena orang asing telah mengetahui lokasi kamu.

  1. SMS
copyright©phoneandroid

Bahaya Akses Aplikasi Android yang lainnya juga tedapat pada aplikasi SMS dengan membutuhkan akses SMS di smartphone, maka berbagai aplikasi juga meminta izin untuk akses SMS. Yang mana akses tersebut digunakan untuk mengirimkan kode verifikasi atau kebutuhan lain yang menggunakan SMS.

Sehingga kamu juga harus berwaspada, karena aplikasi jahat juga bisa membuat kerugian pada diri kita. Bahkan kita juga bisa dirugikan untuk membayar biaya yang besar. Itulah berbagai macam bahaya jika kamu sembarangan memberikan akses aplikasi android. Dengan demikian, kalian harus lebih waspada lagi ya!

Baca Juga : Gawat! Ini Bahaya Angkat Telepon dari Nomor Tak Di Kenal!