Waspada! Kaspersky Lab Temukan Malware KopiLuwak Yang Semakin Berbahaya

0
94
Copyright©abc.es

Malware KopiLuwak Mengancam Sistem Dan Jaringan

Eratekno.com – Kaspersky Lab beberapa tahun lalu telah menemukan malware baru yang bernama KopiLuwak. Dimana nama malware ini diambil dari janis kopi langka dan cara kerja dari serangan siber ini sendiri dengan mengirimkan dokumen berisikan malware dengan macro yang diaktifkan serta menggunakan malware Javascript baru yang disamarkan, setelah berhasil masuk, malware ini dirancang untuk mengintai sistem dan jaringan.

Baca Juga : Waduh… Disebar Via GitHub, Indonesia Jadi Sasaran Serangan Malware

Malware ini semakin berevolusi karena Turla yang merupakan satu pelaku kejahatan siber tertua. Dimana mereka terus bertahan dan secara berkelanjutan melakukan inovasi berupa ancaman serta pendekatan baru, termasuk dengan cara mengoperasikan Malware KopiLuwak tersebut. Sebagaimana yang dijelaskan oleh peneliti keamanan utama di tim GreAT Kaspersky Lab, Kurt Baumgartnet melalui keterangan resminya, bahwa Turla terus berkembang dan bereksperimen.

Copyright©Technologue.id

“Penelitian kami khususnya terhadap kelompok ini selama 2018 menunjukkan bahwa Turla terus berkembang dan bereksperimen. Ini juga menunjukkan pengembangan dan penerapan kode Turla terus berlanjut, sehingga organisasi yang berpotensial dijadikan sebagai target perlu bersiap,” jelasnya. Selain Malware KopiLuwak ada juga jenis malware lain yang dilancarkan Turla, yakni Carbon dan Mosquito, yang berhasil ditemukan oleh para peneliti selama 2018.

Copyright©recode.ID

Peneliti Kapersky Lab ini sendiri juga menemukan modifikasi lebih lanjut dari Carbon yang merupakan aksi cyberespionage. Dimana malware ini ditanamkan ke target yang terpilih dengan kepentingan tertentu dan bisa saja akan terjadi modifikasi kode dan berlangsung hingga tahun 2019. Target Turla di tahun 2018 sendiri mengancam Timur Tengah dan Afrika Utara, selain itu Eropa Barat dan Timur, Asia Tengah dan Selatan, sekaligus Amerika.

Untuk mengurangi resiko serangan tingkat lanjut Malware KopiLuwak ini, Kaspersky Lab menyarankan beberapa hal berikut ini:

  • Gunakan solusi keamanan kelas korporasi yang memadukan teknologi serangan anti-target dan intelijen ancaman, seperti Kaspersky Threat Management and Defense Solution.
  • Sediakan akses ke data intelijen ancaman terbaru untuk staf keamanan.
  • Selalu periksa kembali semua sistem konfigurasi dan terapkan praktik yang tepat.
  • Ketika kalian melihat indikator awal dari serangan yang ditargetkan, pertimbangkan terlebih dahulu untuk mengelola sistem perlindungan yang memungkinkan kalian secara proaktif mendeteksi ancaman lanjutan, kurangi dwell time dan atur waktu respond terhadap insiden.

Baca Juga : Lindungi Smartphone dengan Antivirus, Indonesia Rawan Malware Mobile !