Waspada! Ponsel BM Akan Di Blokir Mulai Besok

1071
Waspada! Ponsel BM Akan Di Blokir Mulai Besok

Eratekno – Aturan pemblokiran smartphone BM seharusnya sudah dilaksanakan sejak tanggal 18 April 2020 lalu.

Namun pada akhirnya rencana ini molor dari jadwal dan belum dapat berjalan dengan efektif hingga sekarang.

Penyebab molornya rencana ini dikarenakan mesin Central Equipment Identity Register (CEIR) yang ada dimiliki pemerintah belum dapat beroperasi.

Mesin ini berfungsi sebagai pengecek data dari mesin Equipment Identity Registration (EIR) yang dimiliki oleh operator seluler, jika CEIR menemukan nomor IMEI yang tidak terdaftar didalam data yang dikirim maka secara otomatis ponsel tidak akan dapat terhubung ke operator seluler di Indonesia.

Sekjen Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) Marwan O. Baasir mengatakan jika mesin CEIR masih berada di ATSI dan hingga saat ini masih belum diserahkan ke pemerintah.

“Karena CEIR yang beli operator, nanti baru akan kita serahkan ke pemerintah ketika seluruh proyek timeline dari CEIR ini selesai, jadi kami tidak mau menyerahkan di tengah jalan,” jelas Marwan

Dia juga menyebutkan jika pengadaan mesin CEIR dibeli dengan cara patungan oleh pihak operator dan hingga saat ini masih menunggu berita acara serah terima database yang masih dimiliki oleh pemerintah.

Dilansir dari Kompas. Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail mengatakan jika pihak nya telah siap menjalankan menjalankan aturan IMEI

Sebelumnya aturan pemblokiran IMEI ini dirancang oleh menteri perindustrian, Kementrian perdagangan dan kementrian Kominfo serta dibantu oleh pihak bea cukai dan operator seluler.

Baca Juga: Jepang Ciptakan Masker Yang Memiliki Kemampuan Terjemahan Multi-Bahasa