Whatsapp Bakal Dijadikan Satu dengan Instagram dan Messenger, Seperti Apa ya Jadinya?

0
226
Copyright©Infobae

Jadwal Penggabungan Whatsapp, Messenger dan Instagram Belum Diketahui

Eratekno.comWhatsapp menjadi salah satu aplikasi chatting yang sudah memiliki puluhan juta pengguna. Baru-baru ini berhembus kabar jika aplikasi tersebut bakal berkolabotasi dengan aplikasi hits lainnya seperti Instagram dan Facebook Messenger.

Mark Zuckerberg, CEO Facebook juga telah membenarkan informasi tersebut. Kolaborasi yang dilakukan Whatsapp, Messenger, dan Instagram ini memungkinkan para pengguna untuk mengirim pesan antar aplikasi. Menariknya saat ini ribuan karyawan dari masing-masing aplikasi tersebut rupanya juga sudah sibuk mempersiapkan pengelolaan ulang insfrastruktur.

Baca juga: Mau Whatsapp Kamu Makin Canggih? Coba Gunakan Aplikasi ini!

“Kami ingin membangun pengalaman berkirim pesan terbaik yang kami bisa, orang-orang ingin berkirim pesan dengan cepat, sederhana bisa diandalkan dan private.” Begitulah yang ditulis oleh pihak Facebook.

Copyright©Infobae

Sejatinya aplikasi Whatsapp, Instagram dan Facebook Massenger ini nantinya tetap terpisah, akan tetapi untuk infrastruktur back-end nya akan dijadikan satu. Apabila insfrastruktur ketiga aplikasi ini benar-benar akan dijadikan satu besar kemungkinan para pengguna Whatspap bisa mengirim pesan kepada pengguna Instagram dan Massengers tanpa repot harus berpindah aplikasi.

Baca juga: Inilah 5 Fakta Seputar Dibatasinya Fitur Forward di WhatsApp, Simak Yuk!

Hal tersebut berlaku untuk sebaliknya. Tak hanya tentang integritas layanan, pihak Facebook juga mengungkapkan jika nantinya pesan yang dikirim melalui tiga aplikasi tersebut juga akan disokong dengan sistem keamanan bernama end-to-end atau E2E encryption seperti yang telah terpasang pada Whatsapp.

Sistem Enkripsi E2E adalah sebuah sistem berbasis keamanan yang mampu melindungi isi pesan dari perangkat pengguna. Hal ini bertujuan supaya pesan tidak dapat dibaca oleh perangkat lain.

Meskipun sudah membenarkan kabar mengenai penyatuan infrastruktur tersebut namun nyatanya sejauh ini baik pihak Facebook, Instagram maupun Whatsapp belum mengumumkan jadwal penyatuan layanan tersebut.

Sejauh ini penyatuan layanan itu baru memasuki tahap awal, menurut informasi yang beredar kabarnya penggarapan ini akan selesai pada penghujung tahun 2019 atau awal tahun 2020.

Penggabungan infrastruktur aplikasi Whatsapp, Instagram dan Faacebook ini menjadi program besar bagi ketiganya bahkan pihak Facebook sendiri berharap jika layanan percakapan nantinya selain mudah digunakan juga lebih efisien dan pastinya aman.

Baca juga: Biar Update Terus, Begini Cara Mengaitkan WhatsApp ke Media Sosial Lainnya!