WhatsApp Dianggap Sebagai Aplikasi Berbahaya, Kok Bisa?

201
Copyright©FLipboard

Fitur Enkripsi di WhatsApp Kurang Aman?

Eratekno.com – Beberapa waktu lalu santer diberitakan, jika ponsel dari orang terkaya di dunia yakni Jeff Bezos telah berhasil diretas melalui file video yang dikirim melalui aplikasi pesan instant WhatsApp.

Dan mengenai hal tersebut, pendiri Telegram yakni Pavel Durov pun juga ikut mengomentari hal ini. ia kembali menyebutkan jika aplikasi WhatsApp ini berbahaya, diyakini jika diretasnya smartphone Jeff Bezos tersebut berasal dari file video yang mengandung malware dan dikirim via WhatsApp.

Baca juga: Jaga Privasi Kamu di WhatsApp dengan 3 Fitur Ini, Dijamin Aman dari Hacker !

Akan tetapi pihak Facebook selaku induk perusahaan tersebut membantah, jika kelemahan ini terjadi bukan karena WhatsApp, melainkan sistem operasi iOS itu sendiri. Namun Pavel Durov mengatakan, seandainya Jeff Bezos memakai Telegram maka hal tersebut tidak akan terjadi, lantaran WhatsApp dianggap terlalu banyak bug didalamnya.

Copyright©FLipboard

“Celah keamanan WhatsApp berupa video corrupt ini ada tak hanya di iOS tapi juga Android dan bahkan perangkat Windows Phone. Artinya, seluruh perangkat mobile yang diinstall WhatsApp. Cacat keamanan ini tidak ada di layanan messaging lain di iOS. Seandainya Jeff Bezos mengandalkan Telegram ketimbang WhatsApp, dia tidak akan diperas oleh orang yang melacak komunikasinya,” tulis Durov di blog, dikutip dari laman Inet.Detik.

Baca juga: Kembali Ditemukan Belasan Kerentanan, Masih Amankah WhatsApp Digunakan?

Meskipun WhatsApp ini sudah menggunakan Enrkripsi End to End, namun Durov menganggap jika teknologi tersebut secara garis besar tidak bisa melindungi privasi pengguna. Ia mengklaim jika didalam WhatsApp terdapat Backdoor yang bisa digunakan oleh para aparat.

Dan Durov pun tidak sepakat jika masalah pembajakan di ponsel Bezos ini masalahnya ada di iOS seperti klaim Facebook, namun ia mengatakan masalahnya adalah di WhatsApp itu sendiri.

Baca juga: Anti Ribet, Begini Cara Video Call WhatsApp di Laptop dengan Mudah !